MODEL PEMBELAJARAN MAGANG (STUDI DI HOME INDUSTRI LOGAM KELURAHAN RANDUGUNTING KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL)

Hasnan Ayyada Darmawan , 1201411087 (2016) MODEL PEMBELAJARAN MAGANG (STUDI DI HOME INDUSTRI LOGAM KELURAHAN RANDUGUNTING KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1157Kb)

    Abstract

    Dampak globalisasi yang berakibatkan kepada sektor di home industri logam Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal memberikan alasan tersendiri bagi terlaksananya program pembelajaran magang yang dilakukan untuk meningkatkan lagi kualitas sumber daya manusianya untuk pembangunan bangsa dan menciptakan jiwa kemandirian warga belajar magang. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimanakah proses perencanaan pembelajaran magang di home industri logam; (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran magang di home industri logam dan; (3) Bagaimanakah penilaian pembelajaran magang di home industri logam. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses perencanaan pembelajaran warga belajar magang di home industri logam Kota Tegal, mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran magang di home industri logam Kota Tegal, dan mendeskripsikan penilaian dampak yang dirasakan warga belajar magang di home industri logam Kota Tegal. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan tehnik pengumpulan data yang berjumlah 5 orang yaitu : 1 pemilik usaha, 2 tutor, dan 3 pemagang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran magang di home industri logam Kota Tegal memiliki tahapan sebagai berikut : Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran magang di home industri logam yaitu ceramah dan demonstrasi. Proses pembelajaran meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi. Bentuk penilaian berupa dampak yang dirasakan setelah mengikut proses pembelajaran magang adalah bertambahnya pengetahuan, keterampilan, lebih percaya diri, dan mandiri. Saran yang diberikan yaitu sebaiknya dalam teknik pembelajaran tutor harus bisa lebih variatif lagi, tidak hanya menggunakan tehnik demonstrasi. Kemudian waktu pembelajaran warga belajar tidak disamakan dengan karyawan di home industri karena siswa magang tidak mendapatkan upah atau gaji yang pantas. Kemudian dalam hasil pembelajaran pemilik dan tutor sebaiknya bisa lebih mengatur dampak yang akan di terima siswa tidak hanya mendapatkan nilai psikomotorik, tetapi juga mendapatkan nilai kognitif dan afektif agar seimbang.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Magang, Proses Pembelajaran, Home Industri Logam.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 06 Oct 2016 09:05
    Last Modified: 06 Oct 2016 09:05

    Actions (login required)

    View Item