KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL KERJA PADA HASIL BELAJAR MENJAHIT BLUS MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMK AL-HUDA BUMIAYU


Jeni Anggraeni, 5401411058 (2016) KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL KERJA PADA HASIL BELAJAR MENJAHIT BLUS MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMK AL-HUDA BUMIAYU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL KERJA PADA HASIL BELAJAR MENJAHIT BLUS MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMK AL-HUDA BUMIAYU]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MEDIA MODEL KERJA PADA HASIL BELAJAR MENJAHIT BLUS MATA PELAJARAN BUSANA INDUSTRI DI SMK AL-HUDA BUMIAYU)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah mengusahakan dan memperbaharui sistem pendidikan nasional dibidang pengetahuan dan teknologi, tolok ukur kualitas sumber daya manusia adalah tingkat pendidikan, maka diperlukan lembaga pendidikan yang berkualitas. Kualitas pembelajaran yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan dalam belajar.Prestasi belajar siswa yang menurun, media pembelajaran yang diberikan guru kurang inovatif, dan proses pembelajaran yang konvensional di SMK ALHuda Bumiayu kelas XI Busana Butik membuktikan bahwa diperlukan media yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media Model kerja memudahkan penyampaian pesan dalam bentuk ringkasan visual suatu tahapan, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas media dan besarnya keefektifan Media model kerja pada mata pelajaran Busana Industri pada materi menjahit blus di SMK AL-Huda Bumiayu. Desain penelitian yang digunakan adalah desain One Group Pretest– Posttest. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, dengan populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Busana Butik SMK AL-Huda Bumiayu, terdiri dari satu kelas yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling sebagai kelas penelitian, yang akan diberikan pembelajaran menggunakan media model kerja dalam pembuatan blus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode test, observasi (lembar pengamatan) dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakant-test. Hasil belajar siswa menggunakan analisis gain score. Hasil Penelitian menunjukkan t hitung 7,51lebih besar dari pada t tabel 2,07, tersebut menunjukan adanya keefektifan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada keefektifan penggunaan media model kerja untuk meningkatkan hasil belajar siswa menjahit blus pada Mata Pelajaran Busana Industri, dan besarnya keefektifan media model kerja dengan indeks normalized gain sebesar 0,40 tergolong kategori sedang. Saran yang dapat ajukan yaitu guru harus lebih teliti dan aktif memberikan pengarahan kepada siswa, supaya siswa dapat lebih paham dengan materi, gunakan strategi pembelajaran yang melibatkan siswa lebih aktif di dalam kelas, memperbaiki ukuran huruf dan tingkat keterbacaannya, membuat media yang dapat bertahan lebih lama dengan melihat bahan pembuatan media, dan guru dapat menggunakan media model kerja selain pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri, misalnya mata pelajaran Teknologi Busana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Model Kerja, Hasil belajar, Pembuatan Busana Industri, Menjahit Blus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 Sep 2016 17:37
Last Modified: 27 Sep 2016 18:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23918

Actions (login required)

View Item View Item