PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT MENGELOLA PERALATAN KANTOR SMK NU MA’ARIF NU TALANG, SMK YPE NUSANTARA DAN SMK NURUL ULUM LEBAKSIU


Silvia Insani Prasiska , 7101411131 (2015) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA DIKLAT MENGELOLA PERALATAN KANTOR SMK NU MA’ARIF NU TALANG, SMK YPE NUSANTARA DAN SMK NURUL ULUM LEBAKSIU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101411131_(1).pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan tolak ukur keberhasilan siswa dalam menerima pelajaran yang disampaikan guru. Untuk mengetahui hasil belajar siswa di sekolah, guru perlu mengadakan evaluasi atas kemampuan yang dimiliki seorang siswa pada saat menerima pelajaran. Hasil belajar juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang diantaranya adalah kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar. Berdasarkan observasi awal ada indikasi bahwa hasil belajar siswa kelas X SMK Swasta di Kabupaten Tegal pada mata pelajaran mengelola peralatan kantor masih kurang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan variabel bebas yang terdiri dari kompetensi profesional guru (X1) dan fasilitas belajar (X2) dengan variabel terikat hasil belajar (Y). Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 117 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dengan bantuan SPSS for Windows Relase 16 dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 17.198 + 0,585X1+ 0,428 X2. Uji F yang diperoleh Fhitung = 41.672, sehingga Ha1 diterima. Secara parsial (uji t) kompetensi profesional guru (X1) diperoleh thitung = 5.261 dengan signifikansi 0,00 < 0,05, sehingga Ha2 diterima. Fasilitas belajar (X2) sehingga Ha3 diterima. Secara simultan (R2) kompetensi profesional guru dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar yaitu sebesar 41.2%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi profesional guru, dan fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Saran dalam penelitian ini yaitu : 1) Berkaitan dengan fasilitas belajar pada indikator mesin kantor pada SMK MA’arif NU Talang dan SMK Nurul Ulum Lebaksiu sebaiknya pihak sekolah memperbaiki mesin kantor yang digunakan untuk praktik siswa agar hasil belajar siswa meningkat. 2) SMK YPE Nusantara Slawi memiliki keadaan mesin kantor yang masih baik, hal ini sebaiknya pihak sekolah mempertahankan mesin kantor untuk meningkatkan mutu kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Teacher Professional Competence, Learning Facility, Learning Result
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 03 Oct 2016 17:57
Last Modified: 03 Oct 2016 17:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23890

Actions (login required)

View Item View Item