UJI PROFISIENSI CITRA HASIL EKSPOSI SISTEM RADIOGRAFI DIGITAL DI LABORATORIUM FISIKA MEDIK UNNES


Natalia Putri Eko Wibowo , 4211412032 (2016) UJI PROFISIENSI CITRA HASIL EKSPOSI SISTEM RADIOGRAFI DIGITAL DI LABORATORIUM FISIKA MEDIK UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UJI PROFISIENSI CITRA HASIL EKSPOSI SISTEM RADIOGRAFI DIGITAL DI LABORATORIUM FISIKA MEDIK UNNES]
Preview
PDF (UJI PROFISIENSI CITRA HASIL EKSPOSI SISTEM RADIOGRAFI DIGITAL DI LABORATORIUM FISIKA MEDIK UNNES)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Uji Profisiensi adalah uji banding antar laboratorium, sehingga suatu laboratorium dapat memonitor hasil ujinya dari waktu ke waktu dan jika ada ketidaksesuaian atau penyimpangan dapat segera dilakukan perbaikan. Di Laboratorium Fisika Medik Unnes terdapat sistem radiografi digital (RADIG) hasil modifikasi sistem radiografi konvensional menjadi sistem radiografi digital berbasis intensifying screen dimana hasil eksposi citra konvensional berupa film menjadi hasil eksposi citra digital berupa file digital. Namun sampai saat ini belum ada uji profisiensi terhadap hasil ekspos RADIG. Untuk melihat kualitas citra RADIG perlu dilakukan uji profisiensi dengan membandingkan citra hasil eksposi antara RADIG dengan CR. Citra radiograf yang dihasilkan dianalisis menggunakan metode CNR dengan bantuan software MATLAB. Pada penelitian ini paramater yang digunakan adalah kualitas citra (kontras). Kualitas citra (ketajaman kontras) dianalisis menggunakan analisis CNR. Variasi yang digunakan adalah nilai tegangan mulai dari 40 sampai dengan 70 kV dengan nilai arus sekon dan jarak tetap yaitu 1,6 mAs dan 90 cm. Objek yang digunakan adalah stepwedge. Nilai CNR yang paling tinggi digunakan untuk menentukan kualitas citra yang paling bagus. Pada RADIG nilai CNR paling tinggi 83,61 dengan tegangan 65 kV. Pada Uji Profisiensi kualitas citra (kontras) dengan analisis CNR, nilai CNR RADIG masih berada dibawah nilai CNR pada CR dari KRI PMD Mitra Setia Ungaran dan Laboratorium IBL. Tetapi RADIG sudah memiliki pola nilai CNR yang sealur dengan nilai CNR yang dihasilkan citra hasil ekspos dari kedua CR tersebut. Nilai CNR optimum yang didapat oleh RADIG, CR di Mitra Setia, dan CR di Laboratorium IBL berada pada tegangan 65 kV. Nilai CNR optimum pada RADIG, CR dari KRI PMD Mitra Setia Ungaran, dan CR dari Laboratorium IBL secara berurutan adalah 83,61, 87,30, dan 127,91.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Uji Profisiensi Kualitas Citra (Kontras), Faktor Eksposi Tegangan, RADIG Sistem Radiografi Digital Fisika Medik UNNES), CR (Computed Radiography), CNR (Contrast to Noise Ratio)
Subjects: Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 26 Sep 2016 12:35
Last Modified: 26 Sep 2016 12:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item View Item