ANALISIS SOAL INTERNATIONAL COMPETITIONS AND ASSESSMENTS FOR SCHOOLS (ICAS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITEM RESPONSE THEORY (IRT) DAN CLASSICAL TEST THEORY (CTT)


Mahanani, 4401408105 (2015) ANALISIS SOAL INTERNATIONAL COMPETITIONS AND ASSESSMENTS FOR SCHOOLS (ICAS) DENGAN MENGGUNAKAN METODE ITEM RESPONSE THEORY (IRT) DAN CLASSICAL TEST THEORY (CTT). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4401408104.pdf]
Preview
PDF
Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keakuratan dan kualitas soal ICAS IPA tahun 2010 menurut IRT dan CTT. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah lembar soal, kunci jawaban dan respons peserta tes yang terdiri atas seluruh sekolah, kelompok 1 (SMP N 5 Yogyakarta) dan kelompok 2 (SMP N 2 Semarang, SMP N 5 Semarang, SMP N 1 Kudus). Analisis data menggunakan metode CTT dan IRT model logistik 1 parameter dengan bantuan program TAP versi 14.7.4 dan BILOG MG 3. Hasil penelitian menurut CTT diketahui bahwa semakin kecil jumlah peserta tes dalam suatu kelompok maka semakin besar jumlah soal yang berkualitas tidak baik. Hasil penelitian menurut IRT model logistik 1 parameter diketahui bahwa semakin kecil jumlah peserta tes dalam suatu kelompok maka semakin kecil jumlah soal yang tidak baik. Koefisien SEM pada IRT lebih kecil daripada CTT. Analisis soal ICAS IPA tahun 2010 menggunakan pendekatan IRT lebih akurat daripada CTT. Jumlah soal ICAS IPA yang baik menurut IRT lebih banyak daripada CTT. Analisis soal ICAS IPA tahun 2010 menggunakan pendekatan IRT lebih akurat daripada CTT.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis soal, ICAS, IRT, CTT
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22799 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2016 18:08
Last Modified: 22 Aug 2016 18:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23622

Actions (login required)

View Item View Item