PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTAMAX, PERTAMAX PLUS DAN BENSOL
Muhammad Khoirul Huda Nugroho , 5201411049 (2016) PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTAMAX, PERTAMAX PLUS DAN BENSOL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN PADA SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH YANG MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTAMAX, PERTAMAX PLUS DAN BENSOL )
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor yang divariasi dengan poros engkol standar dan poros engkol yang sudah dimodifikasi yang menggunakan tiga jenis bahan bakar yaitu pertamax, pertamax plus dan bensol. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Suzuki Satria FU 150. Data hasil penelitian dianalisa dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pengujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan, sedangkan untuk pengujian laju konsumsi bahan bakar menggunakan alat buret ukur, kemudian dilakukan perhitungan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh dua variasi poros engkol dan tiga jenis bahan bakar. Untuk daya maksimal dihasilkan pada poros engkol modifikasi menggunakan bensol sebesar 16,89 KW dan torsi maksimal sebesar 19,15 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada poros engkol standar menggunakan pertamax sebesar 4,39 KW dan torsi terendah 8,45 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar terendah didapatkan pada poros engkol modifikasi yang memakai pertamax plus sebesar 0,57 kg/jam sedangkan konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada poros engkol modifikasi yang memakai bensol sebesar 2,63 kg/jam. Hasil penelitian menunjukkan daya dan torsi terbesar diperoleh pada penggunaan poros engkol modifikasi dengan rasio kompresi tinggi yang diikuti dengan penggunaan bahan bakar dengan angka oktan tinggi, sehingga disarankan pada sepeda motor Suzuki Satria FU 150 untuk mendapatkan daya dan torsi maksimal dilakukan dengan menaikkan posisi big end batang torak pada poros engkol sehingga rasio kompresi menjadi lebih tinggi yang diikuti dengan pemakaian bahan bakar dengan angka oktan tinggi dalam hal ini yaitu dengan stroke up menggunakan bahan bakar bensol. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar terendah bisa dilakukan dengan cara menggunakan bahan bakar yang mempunyai nilai oktan yang sesuai dengan rasio kompresi mesin.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stroke Up, Bahan Bakar, Performa |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 04 Feb 2016 10:21 |
Last Modified: | 04 Feb 2016 10:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23364 |
Actions (login required)
View Item |