PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PRATATA DASAR DI SMK NEGERI 6 SEMARANG
Siti Noor Aini , 5402411049 (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PRATATA DASAR DI SMK NEGERI 6 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PRATATA DASAR DI SMK NEGERI 6 SEMARANG)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar pratata dasar di SMK Negeri 6 Semarang kurang maksimal, dilihat dari persentase pencapaian KKM yang masih rendah, respon siswa masih kurang dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Hal tersebut menjadi alasan peneliti untuk menerapkan pembelajaran model Jigsaw pada materi pratata dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran yang berupa RPP dan apakah ada pengaruh pembelajaran model Jigsaw terhadap hasil belajar pratata dasar di SMK Negeri 6 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design dengan desain eksperimen menggunakan bentuk rancangan one-group pretest-posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI tata kecantikan rambut berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, tes tertulis dan tes unjuk kerja. Analisis penelitan ini menggunakan uji-t. Hasil analisis data yang diperoleh bahwa validitas perangkat pembelajaran yang berupa RPP dinyatakan valid sehingga layak digunakan dalam penelitian. Rata-rata nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai sebelum perlakuan 73,8 dan sesudah perlakuan sebesar 78,1. Hasil analisis uji-t yang diperoleh t_0 sebesar -5,485 untuk α = 5% dan dk = 29 diperoleh t_tabel= 2,045. Karena t_0 > t_tabel maka Ho yang berbunyi “tidak adanya pengaruh pembelajaran model Jigsaw terhadap hasil belajar materi pratata dasar” ditolak, jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran model jigsaw terhadap hasil belajar pratata dasar di SMK Negeri 6 Semarang. Saran yang dapat diajukan adalah guru dalam proses pembelajaran praktik dapat menerapkan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan alokasi waktu yang lebih efektif, akan tetapi tidak menutup kemungkinan guru dapat menerapkan model pembelajaran inovatif yang lain
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Jigsaw, Hasil Belajar, Pratata Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TX Home economics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Jan 2016 11:44 |
Last Modified: | 27 Jan 2016 11:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23203 |
Actions (login required)
View Item |