PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANGGUL MODERN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI UNNES


Ida Dessy Arisanti , 5402411016 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANGGUL MODERN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANGGUL MODERN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI UNNES]
Preview
PDF (PENINGKATAN HASIL BELAJAR SANGGUL MODERN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DI UNNES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian awal pembelajaran Sanggul Modern di Prodi Tata Kecantikan angkatan 2013 diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Kondisi kelas yang cenderung monoton dengan model belajar ceramah membuat mahasiswa jenuh dan kurang berkesan serta membuat mahasiswa lebih pasif didalam kelas dan kurang berani mengemukakan pendapat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya pada mata kuliah sanggul modern di UNNES. Penelitian dilaksanakan di Prodi Tata Kecantikan pada Semester Genap tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan angkatan 2013 rombel 2 yang diambil dengan teknik purposive sampling, rancangan penelitian pre eksperimental design dengan pola pre-test and post-test group design. Kelas eksperimen diberikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada mata kuliah sanggul modern materi aplikasi sanggul pola atas dan pola depan. Hasil penghitungan N-gain aspek kognitif kelas kecantikan rombel 2 mencapai kriteria sedang (20,7%) dari nilai pretest sebesar 66, 91 dan posttest 80,73. Pada aspek psikomotorik hasil perhitungan N-gain kelas kecantikan rombel 2 mencapai kriteria rendah (10.3%) dari persentase nilai sebelum pembelajaran tutor sebaya 70,3 % dan setelah pembelajaran tutor sebaya menjadi 77,6 %. Pada aspek afektif hasil perhitungan N-Gain mencapai kriteria rendah (0.3%) hal tersebut tersebut terjadi karena baik pembelajaran kooperatif maupun tutor sebaya aktifitas mahasiswa sama-sama menunjukkan rata-rata sebelum pembelajaran sebesar 70,3 % dan setelah pembelajaran tutor sebaya 70,6%. Persentase peningkatan hasil belajar mahasiswa meliputi ketiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik setelah diberikan model pembelajaran tutor sebaya adalah 10,3 % dan ini termasuk dalam kategori rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan hasil belajar sanggul modern melalui model pembelajaran tutor sebaya pada mahasiswa pendidikan tata kecantikan UNNES dengan peningkatan secara keseluruhan yang meliputi ketiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik sebesar 10,3 % ini termasuk dalam kategori rendah. Saran dalam penelitian ini adalah Dosen sebaiknya menggunakan model pembelajaran tutor sebaya pada mata kuliah yang ada pada Prodi Tata Kecantikan, karena dengan model tutor sebaya akan membuat peserta didik bersemangat mengikuti pembelajaran, materi yang disampaikan dapat diterima peserta didik dengan baik, dan suasana pembelajaran akan berlangsung aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Hasil belajar, Model Pembelajaran Tutor Sebaya, Sanggul Modern
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Jan 2016 13:59
Last Modified: 25 Jan 2016 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/23126

Actions (login required)

View Item View Item