EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO WUJUD KREATIVITAS HASIL BELAJAR MAKE-UP PENGANTIN INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Prahesti Dwi Chandra , 5402411025 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO WUJUD KREATIVITAS HASIL BELAJAR MAKE-UP PENGANTIN INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO WUJUD KREATIVITAS HASIL BELAJAR MAKE-UP PENGANTIN INTERNASIONAL  DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO WUJUD KREATIVITAS HASIL BELAJAR MAKE-UP PENGANTIN INTERNASIONAL DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu indikator tercapainya tujuan pembelajaran yang baik adalah hasil belajar yang diperoleh selama proses pembelajaran. Pada penelitian ini dipilih mata kuliah Rias Pengantin Internasional dikarenakan masih terdapat kerancuan tentang karakteristik make-up pengantin internasional dan diduga belum ditemukan media pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu peneliti ingin membuat media video Make-up Pengantin Internasional yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, perhatian, serta hasil belajar mahasiswa. Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) validitas media video, 2) efektivitas media video pada hasil belajar Rias Pengantin Internasional. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D menggunakan 8 langkah: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan produk, revisi desain dan produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Populasinya adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Tata Kecantikan 2013 UNNES (40 mahasiswa) dengan sampel mahasiswa rombel satu (19 mahasiswa) melalui teknik purposive sampling. Variabel yang dikaji adalah variabel bebas yaitu media video dan variabel terikat yaitu hasil belajar. Metode pengumpulan data yaitu dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil validasi media video oleh 3 ahli (expert judgment): ahli materi (86,4%= Sangat Valid), ahli media (78,3%= Valid), dan ahli teknologi pendidikan (92,9%= Sangat Valid) memperoleh rata-rata 85,9% (Sangat Valid). Hasil belajar: kognitif A (87,75), afektif A (91,02), dan psikomotorik A (88,9) memperoleh rata-rata 89,23 (A/ Sangat Baik). Simpulan: (1) Hasil validasi video oleh expert judgment menunjukkan kategori bahwa video valid dan dapat digunakan untuk pembelajaran Rias Pengantin Internasional, (2) Keefektifan media video pembelajaran Make-up Pengantin Internasional ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar mahasiswa yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik mendapatkan rata-rata A (Sangat Baik). Saran, video dapat diterapkan dalam mata kuliah Rias Pengantin Internasional dan dikembangkan pada mata kuliah yang lain dan diharapkan adanya penelitian lebih lanjut terhadap efektifitas penggunaan media video pada mata kuliah Rias Pengantin internasional sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media Video, Hasil Belajar
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jan 2016 12:45
Last Modified: 12 Jan 2016 12:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item View Item