IDENTIFIKASI DAN SERVICE SISTEM PENDINGIN TOYOTA KIJANG INNOVA 1 TR-FE
Arizal Rizqi Kurniawan, 5211312036 (2015) IDENTIFIKASI DAN SERVICE SISTEM PENDINGIN TOYOTA KIJANG INNOVA 1 TR-FE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (IDENTIFIKASI DAN SERVICE SISTEM PENDINGIN TOYOTA KIJANG INNOVA 1 TR-FE)
- Published Version
Download (715kB) | Preview |
Abstract
Pendinginan pada motor sangat dibutuhkan, karena tanpa pendinginan mesin dan komponen-komponennya akan mengalami Over heating, sehingga menimbulkan panas dan mengakibatkan kerusakan berupa keausan yang akhirnya umur mesin dan komponen-komponennya tidak tahan lama. Permasalahan yang menjadi fokus pembahasan pada sistem pendingianan Toyota Kijang Innova 1TR-FE adalah tentang fungsi pendinginan, komponen-komponen pada sistem pendinginan Toyota Kijang Innova 1TR-FE serta analisis gangguan yang terjadi dan cara mengatasi gangguan tersebut. Tujuan dari pembahasan sistem pendinginan ini adalah untuk mengetahui dan memahami cara mengidentifikasi sistem pendingin Toyota Kijang Innova 1TR-FE, untuk mengetahui langkah service pada mesin Toyota Kijang Innova 1TR-FE, dapat memperbaiki jika terjadi kerusakan pada sistem pendinginan, dan untuk mengetahui konstruksi dan cara kerja sistem pendingin Toyota Kijang Innova 1TR-FE. Komponen-komponen sistem pendinginan Toyota Kijang Innova 1TR-FE terdiri dari radiator, thermostat, pompa air, water jacket, tutup radiator, kipas, selang dan klem, dan alat pengukur suhu air pendingin. Cara kerja sistem Pendingin Toyota Kijang Innova 1TR-FE adalah sistem pendinginan tekan yang memanfaatkan pompa air untuk mensirkulasikan air pendingin. Gangguan-gangguan yang sering terjadi pada sistem pendinginan adalah kebocoran, gangguan dari kotoran, gangguan kotoran yang mengendap sehingga aliran air tidak maksimal. Analisis gangguan diperlukan untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada sistem pendinginan Toyota Kijang Innova 1TR-FE sehingga mampu mengatasi gangguan-gangguan tersebut. Usaha yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya kerugian akibat kerusakan komponen mesin adalah dengan merawat dan memeriksa kondisi mesin secara berkala. Untuk itu perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan pada sistem pendinginan yang antara lain usahakan untuk selalu mengontrol volume air pendingin dalam radiator, supaya jumlah air pendingin tidak berkurang atau di bawah batas minimal, dan menggunakan anti karat agar sistem pendingin tidak cepat rusak dan aus yang dapat mengganggu kerja dari komponen-komponen sistem pendinginan dan mempercepat keausan pada bagian-bagian mesin yang bergesekan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin, D3 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 12 Jan 2016 10:33 |
Last Modified: | 12 Jan 2016 10:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22936 |
Actions (login required)
View Item |