RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERKANTORAN DI KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG BERBASIS PHP DAN MYSQL


Miftaahul Jannah, 4112312018 (2015) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERKANTORAN DI KELURAHAN NGIJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG BERBASIS PHP DAN MYSQL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4112312018-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan pada proses pelayanan surat kelurahan Kasi Pemerintahan di Ngijo adalah pengelolaan manajemen perkantoran masih menggunakan pelayanan kepada masyarakat secara manual. Pelayanan yang demikian membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efektif dan efisien. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat sistem informasi manajemen perkantoran kelurahan. Sistem informasi manajemen ini dibuat berbasis web dengan menggunakan PHP dan MySQL. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana perancangan sistem informasi manajemen perkantoran di Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dengan menggunakan PHP dan MySQL? (2) bagaimana implementasi rancang bangun sistem informasi manajemen perkantoran di Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang? Data yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi ini adalah data masyarakat, data kepala keluarga, data kelahiran, data kematian, data permohonan KTP, data kepindahan, data pengantar, dan data pindah datang yang mana data masyarakat sebagai data utama di dalam sistem dengan metode pengambilan data primer yang didapat secara langsung dari kantor kelurahan Ngijo dengan metode studi dokumentasi, wawancara dan observasi di lapangan. Produk jadi rancang bangun sistem informasi manajemen kelurahan adalah sebuah web yang berisi informasi data tentang warga masyarakat Ngijo yang lahir meninggal, pindah, dan datang, pelayanan pembuatan surat keterangan lahir, surat keterangan kematian, surat permohonan KTP, surat keterangan pindah, dan surat pengantar lainnya yang dibutuhkan setiap warga masyarakat yang datang ke kelurahan. Simpulan yang diperoleh adalah implementasi rancang bangun sistem informasi manajemen kelurahan Ngijo dapat memudahkan dalam mengelola data dan surat yang ada di kelurahan. Peneliti menyarankan bahwa sistem informasi dengan berbasis web dengan menggunakan PHP dan MySQL tersebut dapat digunakan di kelurahan Ngijo. Apabila sistem informasi tersebut ingin dikembangkan, bisa lebih ditingkatkan lagi sistem keamanan data yang ada di dalam sistem tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PHP, MySQL, administrasi kelurahan, sistem informasi manajemen
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: erni setyaningsih unnes
Date Deposited: 14 Nov 2015 00:04
Last Modified: 14 Nov 2015 00:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item