PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KOMPETENSI KEPRIBADIAN, DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU,TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PURWODADI TAHUN AJARAN 2014/2015
Kholifatul Kurnia Rohmah, 7101411228 (2015) PENGARUH PERSEPSI SISWA MENGENAI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, KOMPETENSI KEPRIBADIAN, DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU,TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 PURWODADI TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Prestasi belajar siswa merupakan hasil yang telah dicapai siswa dalam penguasaan tugas-tugas atau materi pelajaran yang diterima dalam jangka waktu tertentu yang dipengaruhioleh dua faktor yaitu faktor intern(faktor yang ada dalam diri siswa) meliputifactor jasmaniah dan factor psikologis dan faktorekstern (faktor yang ada di luar diri individu)meliputiketerampilan mengajar guru dan kompetensi guru. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui bahwa prestasibelajar siswa kelas X program studi AP SMK N 1 Purwodadipada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran belum maksimal. Persentase ketercapaian ketuntasan kelas X AP 1 sebesar 69%, AP 2 51%, dan AP 3 53%. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian, dan kompetensi social guru terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Purwodadibaik secara simultan maupun parsial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui baik secara simultan maupun parsial apakah keterampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian, dan kompetensi social guru berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Purwodadi.Populasi yang diteliti dalam penelitian ini merupakan siswa kelas X AP sebanyak 117orang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaituketerampilan mengajar guru, kompetensi kepribadian guru, dan kompetensi social guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara kuisioner, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda.Hasil penilitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y =.56,484+ 0,138X1 + 0,118X2 + 0,154X3+ e.Ada pengaruh secara simultan sebesar 58,2%. Sedangkan pengaruh secara parsial keterampilan mengajar guru sebesar 22,09%, kompetensi kepribadian guru sebesar 17,05%, dan kompetensi social guru sebesar 7,23%.Simpulan penelitian ini adalah keterampilan mengajarguru, kompetensi kepribadian guru, dan kompetensi social guru berpengaruh terhadap prestasibelajar siswa baik secara simultan maupun parsial. Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya mengajari siswa secara individu apabila ada yang kurang paham, mengawali do‟a pada saat memulai dan mengakhiri pelajaran, serta menjalin kedekatan dengan siswa selama proses kegiatan belajar mengajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KeterampilanMengajarGuru, KompetensiKepribadian, KompetensiSosial, PrestasiBelajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 12 Nov 2015 00:10 |
Last Modified: | 12 Nov 2015 00:10 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21343 |
Actions (login required)
View Item |