PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, COMPUTER ATTITUDE DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB KELAS XI AKUNTANSISMK PGRI BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015
Merdiana Era Safitri, 7101411168 (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, COMPUTER ATTITUDE DAN FASILITAS LABORATORIUM AKUNTANSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI MYOB KELAS XI AKUNTANSISMK PGRI BATANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Komputer Akuntansi MYOB merupakan hal yang penting bagi keberlangsungan siswa di SMK yang mengambil akuntansi sebagai bekal keterampilan. Berdasarkan observasi awal di SMK PGRI Batang, diketahui bahwa belum semua siswa kelas XIAkuntansi SMK PGRI Batang memperolehprestasi belajar Komputer Akuntansi MYOByang optimal. Hasil nilai UAS semester ganjil Komputer Akuntansi MYOB56,23% siswa belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar, computer attitudedan fasilitas laboratorium akuntansi terhadap prestasi belajar Komputer AkuntansiMYOB.Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI Batang sebanyak 113 siswa. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Prestasi Belajar Komputer Akuntansi MYOB (Y). Variabel independennya yaitu motivasi belajar(X1), computer attitude(X2)dan fasilitas laboratorium akuntansi(X3). Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa prestasi belajar dalam 70% kategori tuntas, motivasi belajar dalam kategori cukup tinggi, computer attitudedalam kategori cukup tinggi, dan fasilitas laboratorium akuntansi dalam kategori cukup baik.Hasil penelitian secara statistik menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi belajar, computer attitudedan fasilitas laboratorium akuntansi secarasimultanterhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOBsiswa kelas XI Akuntansi SMK PGRI Batang sebesar 43,3%. Secara parsial, ada pengaruh motivasi belajarterhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOBsebesar 13,24%, computer attitudesebesar 7,18%dan fasilitas laboratorium akuntansi sebesar 7,2%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwamotivasi belajar, computer attitudedan fasilitas laboratorium akuntansiberpengaruh terhadap prestasi belajar komputer akuntansi MYOB.Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalahsiswa diharapkan lebih meningkatkan keyakinan percaya diri atas kemampuan yang dimilikinya sehingga tidak mudah terpengaruhi teman lainnya. Guru lebih sering memberikan masukan kepada siswa bagaimana pentingnya komputer khususnya Komputer Akuntansi MYOB.Selanjutnya bagi sekolah agar lebih meningkatkan fasilitas belajar khususnya laboratorium akuntansi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Computer Attitude, Fasilitas Laboratorium Akuntansi,Prestasi Belajar, Komputer Akuntansi, MYOB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 18:21 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 18:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21191 |
Actions (login required)
View Item |