PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KLIRONG KEBUMEN


Nani Pujiastuti, 7101411095 (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KLIRONG KEBUMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411095-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pencapaian prestasi belajar siswadipengaruhi oleh beberapafaktor. Masalah dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa prestasi belajarekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Klirong kurang optimal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar, cara belajar, pemanfaatan sarana prasarana pembelajaranterhadapprestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMANegeri 1 Klirong.Subjek penelitian ini adalahsiswa kelas XI IPS di SMANegeri 1 Klirong.Populasi berjumlah 68 siswa. Pengambilan sampel menggunakan metode sensus dimana seluruh populasi dijadikan unit analisis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan regresi linear berganda.Analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa motivasi belajar secara umum berada pada kategorisedang (66%), cara belajar berada pada kategori baik (69%) dan pemanfaatan sarana prasarana berada dalam kategori kurangbaik(94%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar,carabelajar,pemanfaatan sarana prasarana pembelajaranberpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar Ekonomi(61,5%).Pengaruh secara parsial juga didapatkan pada variabel independen terhadap variabel dependen.Motivasi belajar berpengaruhterhadap prestasi belajar Ekonomi(10,43%). Cara belajarberpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi(6,05%,)serta pemanfaatan sarana prasarana pembelajaranberpengaruh terhadap prestasi belajar Ekonomi(20,98%).Berdasarkan hasilpenelitiandi atas, dapat disimpulkan bahwamotivasi belajar, cara belajar, pemanfaatan sarana prasarana pembelajaranberpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomikelas XI IPS di SMANegeri 1 Klirongtahun ajaran 2014/2015. Saranyang diberikan,siswa hendaknya meningkatkan cara belajardan memanfaatkan sarana prasarana yang telah disediakan oleh pihak sekolah secara maksimal tanpa menyalahgunakannya. Guru hendaknya memberikan dorongan agar siswa termotivasi dan senang mengikuti pelajaran ekonomi. Selain itu, pihak sekolah hendaknya lebih memperhatikan peraturan penggunaan sarana prasarana pembelajaran agar dapat dimanfaatkan secara optimal sesuai fungsinya untuk menunjang kegiatan belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, CaraBelajar, Pemanfaatan Sarana Prasarana Pembelajaran, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 17:06
Last Modified: 11 Nov 2015 17:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21151

Actions (login required)

View Item View Item