PENGARUH PELATIHAN GURU, KOMPETENSI GURU DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KESIAPAN GURU PRODI BISNIS MANAJEMEN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK N 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015


Septiyan Fuji Yama, 7101411084 (2015) PENGARUH PELATIHAN GURU, KOMPETENSI GURU DAN PEMANFAATAN SARANA PRASARANA TERHADAP KESIAPAN GURU PRODI BISNIS MANAJEMEN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 SMK N 1 PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411084-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang saat ini diterapkan di Indonesia. Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar pada guru dalam pembelajaran. Oleh karena itu guru dituntut untuk menyiapkan dirinya dalam melaksanakan kurikulum 2013.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpelatihan guru,kompetensi gurudan sarana prasaranaterhadap kesiapan guru prodi bisnis manajemendalam implementasi kurikulum 2013di SMK N 1 PurbalinggaPopulasi dan sampel dalam penelitian ini adalah guru prodi bisnis manajemendi SMK N 1 Purbalingga Tahun Ajaran 2014/2015yaitu guru program pendidikan akuntansi, administrasi perkantoran dan pemasaran berjumlah 24 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampel jenuh. Metode yang digunakan dalam dalam pengambilan data adalah angket. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif persentase dan analisis regresi berganda.Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 dalam kategori cukup siap, pelatihan guru dalam kategori cukup mendukung, kompetensi guru dalam kategori tinggi dan sarana prasarana dalam kategori sangat mendukung. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelatihan guru, kompetensi guru, dan sarana prasarana terhadap kesiapan guru prodi bisnis manajemendalam implementasi kurikulum 2013 di SMK N 1 Purbalingga sebesar 62,2%. Pelatihan guru berpengaruh terhadap kesiapan guruprodi bisnis manajemendalam implementasi kurikulum 2013 sebesar 18,7%. Kompetensi guru berpengaruh terhadap kesiapan guruprodi bisnis manajemendalam implementasi kurikulum 2013 sebesar 21,9% dan sedangkan sarana prasarana berpengaruh terhadap kesiapan guruprodi bisnis manajemendalam implementasi kurikulum 2013 sebesar 34,3%Disimpulkan bahwa pelatihan guru, kompetensi guru dan sarana prasarana berpengaruh terhadap kesiapan guru prodi bisnis manajemendi SMK N 1 Purbalingga. Saran yang dapat diberikan adalah guru harus berupaya menambah wawasan mengenai kurikulum 2013 dan gurulebih mengembangkan kompetensi kepribadiannya serta guru harus mempersiapkan dirinya untuk memahami pemanfaatan sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013, Pelatihan Guru, Kompetensi Guru, Sarana Prasarana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:53
Last Modified: 11 Apr 2018 15:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21105

Actions (login required)

View Item View Item