PENGARUH MINAT MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS DI SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG
Iga Putri Handayani, 7101411050 (2015) PENGARUH MINAT MEMBACA, MOTIVASI BELAJAR, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN EKONOMI SISWA IPS DI SMA N 1 CANDIROTO TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapafaktor. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasil belajar ekonomi adalah minat membaca, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga. Masalah dalam penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X dan XI IPSSMA N 1 Candiroto Temanggung tergolong rendah dan ada siswa yang mendapatkan nilai di bawah standar Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan dan mengetahui pengaruh minat membaca, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi siswa IPS di SMA N 1 Candiroto TemanggungPopulasi penelitian adalah siswa kelas X dan XI IS SMA N 1 Candiroto Temanggung tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 264. Jumlah sampel sebanyak 152 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda.Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa masing-masing variabel minat membaca, motivasi belajar dalam kategori tinggi, dan lingkungan keluarga dalam kategori baik. Sedangkan hasil belajar dalam kategori tuntas. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat membaca, motivasi belajar, dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar pelajaran ekonomi sebesar 68,70%. Secara parsial minat membacaberpengaruh terhadap hasilbelajar pelajaran ekonomi sebesar 2,62%, motivasibelajar berpengaruh terhadap hasilbelajar pelajaran ekonomi sebesar 19,7%, dan lingkungan keluargaberpengaruh terhadap hasilbelajar pelajaran ekonomisiswa sebesar 43%,kelas X dan XI IPS di SMA N 1 Candiroto Temanggung.Disarankan untuk guru dapat meningkatkan, menumbuhkan semangat dan antusiasme dalam diri siswa untuk cinta membaca.Selain itu guru perlu membangkitkan motivasi belajar pada siswa dan bagi orang tua diharapkan mampu menjadikan lingkungan keluarga tempat untuk membina hubungan yang harmonis antar keluarga, menciptakan suasana yang nyaman dan kondusifuntuk siswa belajar
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Membaca, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | ahmad sanusi unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 14:14 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 14:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21075 |
Actions (login required)
View Item |