RANCANG BANGUN JARINGAN KOMPUTER DISKLESS BERBASIS LTSP DENGAN SISTEM OPERASI LINUX UBUNTU 14.04 LTS DI LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO UNNES


Kukuh Harsabat , 5302410014 (2015) RANCANG BANGUN JARINGAN KOMPUTER DISKLESS BERBASIS LTSP DENGAN SISTEM OPERASI LINUX UBUNTU 14.04 LTS DI LABORATORIUM TEKNIK ELEKTRO UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302410014-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembangunan jaringan yang cakupannya kecil atau jaringan lokal yang sering menjadi kendala adalah banyaknya biaya yang dikeluarkan. Penggunaan komputer lama yang masih layak digunakan dan penggunaan sistem operasi Linux Ubuntu dapat menekan biaya pengeluaran pembangunan jaringan komputer di Laboratorium komputer Teknik Elektro UNNES. Penggunaan sistem diskless (tanpa harddisk) dan juga LTSP (Linux Terminal Server Project) juga dapat menghemat biaya pengeluaran jaringan komputer. Masalah yang dihadapi adalah bagaimana pengembangan dan perbandingan sistem operasi Linux Ubuntu yang digunakan agar dapat merancang dan membangun jaringan komputer diskless yang baik dan layak digunakan. Metode dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D), digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahapan penelitian yang dilakukan antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, uji coba produk. Penelitian diawali dengan mencari literatur, jurnal, dan buku – buku yang berhubungan dengan jaringan diskless berbasis LTSP dengan Linux Ubuntu sebagai tahapan pengumpulan data. Pada desain produk menggunakan topologi star dan juga sistem operasi Linux Ubuntu 12.04 LTS dikembangkan ke 14.04 LTS. Penelitian difokuskan pada perbandingan penggunaan RAM pada sistem operasi Linux Ubuntu 12.04 LTS dan Linux Ubuntu 14.04 LTS. Perbandingan yang dilakukan antara lain pengujian waktu booting, pembebanan RAM dengan pengoperasian aplikasi pada server, dan juga pembebanan RAM dengan transfer data dari klien ke server. Dari pengujian yang telah dilakukan di Labratorium Teknik Elektro UNNES dengan 10 komputer klien diketahui bahwa sistem operasi Linux Ubuntu 12.04 LTS lebih ringan daripada sistem operasi Linux Ubuntu 14.04 LTS. Jadi dapat diketahui Linux Ubuntu 12.04 LTS lebih baik digunakan pada komputer dengan spesifikasi rendah daripada linux Ubuntu 14.04 LTS. Penggunaan sistem jaringan diskless berbasis LTSP dengan sistem operasi Linux Ubuntu 14.04 LTS dapat menghemat biaya pengeluaran karena menggunakan perangkat komputer yang telah ada, lalu penggunaan harddisk hanya pada server dan juga penggunaan sistem operasi Linux Ubuntu 14.04 LTS yang bersifat open source. Jaringan komputer diskless berbasis LTSP dengan sistem operasi Linux Ubuntu 14.04 LTS masih perlu pengujian lebih lanjut yang difokuskan pada pengguna dan juga perlu pengembangan sistem jaringan diskless menggunakan Windows 7.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LTSP, diskless, ubuntu, linux, jaringan komputer.
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 00:11
Last Modified: 11 Nov 2015 00:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20915

Actions (login required)

View Item View Item