PENGARUH KERPIBADIAN SISWA, MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASILBELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMISISWA KELASXI IPS DI SMA NEGERI 1 PANGKAH TAHUN AJARAN 2014/2015


Maeli Fitriyani, 7101411017 (2015) PENGARUH KERPIBADIAN SISWA, MOTIVASI BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASILBELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMISISWA KELASXI IPS DI SMA NEGERI 1 PANGKAH TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411017-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dalam penelitian ini faktor yang diduga mempengaruhi hasilbelajar ekonomi adalahkepribadian siswa, motivasi belajar lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah. Masalah dalam penelitian ini menunjukanbahwa hasilbelajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPSdiSMA Negeri 1 Pangkah tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kepribadian siswa, motivasi belajar lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolahterhadap hasilbelajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Pangkah.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkah tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah 148. Jumlah sampel sebanyak 105 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling.Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan regresi linier berganda.Analisis deskriptif menunjukan bahwakepribadian siswa masuk dalam kriterian cukup baik, motivasi belajar dengan kriteria tinggi, lingkungan keluarga dalam kriteria baik, lingkungan sekolah dalam kriteria baik, dan hasilbelajar ekonomi masuk dalam kriteria rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepribadian siswa, motivasi belajar lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi (81,5%). Secara parsial kepribadian siswa berpengaruh terhadap hasilbelajar ekonomi (4,2%), motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi (4,36%), lingkungan keluarga berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi (16,72%), dan lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi (11,49%) siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pangkah.Sehingga dapat disarankan,siswa tidak perlu malu ketika menyampaikan pendapatnya secara langsung tanpa diminta oleh guru ketika pelajaran ekonomi.Mengingat bagaimana pentingnya peran orang tua bagi siswa, sebaiknya orang tua mendampingi siswa ketika belajar dirumah.Selain itu Seyogyanya guru memberikan bantuan ketika siswa merasa kesulitan dalam belajar maupun mengerjakan tugas ekonomi yang diberikan oleh guru tersebut.Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengungkapkan faktor-faktor lain serta mengembangkan indikator-indikator lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil BelajarMata Pelajaran Ekonomi, Kepribadian Siswa, Motivasi Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 23:52
Last Modified: 10 Nov 2015 23:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item View Item