PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI AP SMK N 1 KENDAL


Cakra Kusuma Yuda, 7101410221 (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PRODUKTIF SISWA KELAS XI AP SMK N 1 KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101410221-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internmaupun ekstern. Faktor yang diduga mempengaruhihasil belajar dalam penelitian ini adalahmotivasi belajar, cara belajar, dan lingkungan keluarga.Hasil observasi awal menunjukkan bahwahasil belajar siswa kelas XI AP SMK N 1 Kendalmasih belum optimal.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhantara variabel independen terhadap variabel dependen, secara per variabel atau pun secara simultan.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 42siswakelas XI AP SMK N 1 Kendaltahun ajaran 2014/2015. Sampel berjumlahsebanyak 30siswa.Variabel dalam penelitian ini yaituvariabel terikat meliputi hasil belajar (Y), dan variabel bebas meliputi motivasi belajar (X1), cara belajar (X2), lingkungan keluarga(X3).Metode pengumpulan datanya dengan metode dokumentasi dan kuesioner. Metode analisis data yaitu analisis deskriptif, regresi berganda, uji F, uji t, koefisien determinasi (R2) dan koefisien determinasi parsial(r2).Hasiluji F diperoleh kesimpulan bahwa variabel independen memiliki pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen dengan Fhitung= 16,585 dan nilai p value = 0,000. Berdasarkan uji t, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 0,011. Cara belajar memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 0,371. Lingkungan keluarga memiliki pengaruh sebesar 0,217 terhadap hasil belajar serta uji R2menunjukkan hasilsebesar 53,3%.Simpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara motivasi belajar, cara belajar, dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar secara simultan. Penulis menyarankansiswa dapatlebih meningkatkan motivasi belajar dan cara belajar yang tepat, terutama dalam belajar mata pelajaran produktif. Orang tua lebihmemperhatikan keteraturan belajar anak dan membantu anak mengatasi kesulitan belajarterhadap kemajuan belajar anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Cara Belajar, Lingkungan Keluarga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 22:43
Last Modified: 10 Nov 2015 22:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20848

Actions (login required)

View Item View Item