PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE LEARNING COMMUNITY


hmad Shofiyudin Ash Shiyamy, 5302411082 (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TIPE LEARNING COMMUNITY. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5302411082-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kontekstual tipe learning community pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Batang. Tujuan utama tersebut dapat dirinci sebagai (1) untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kontekstual tipe learning community (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan sikap siswa dilihat dari ranah afektif selama proses pembelajaran dengan model pembelejaran kontekstual tipe learning community pokok bahasan menggunakan menu dan ikon pokok perangkat lunak pengolah angka siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Batang. Metode penelitian ini menggunakan penelititan tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Batang. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode tea, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ada peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari nilai tes dan ada peningkatan sikap siswa dilihat dari hasil pengamatan ranah afektif siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada tahap pra siklus yaitu 12% dengan rata-rata 38,28, dan pada siklus I hasil belajar ranah kognitif meningkat menjadi 64% dengan rata-rata 67,43, ranah afektif sebesar 60% dengan rata-rata 66,28, serta ranah psikomotor sebesar 56% dengan rata-rata 68,5, peningkatan pada siklus II pada ranah kognitif menjadi 84% dengan rata-rata 77,6, ranah afektif sebesar 84% dengan rata-rata 79,4, dan ranah psikomotor sebesar 80% dengan rata-rata 78,25. Dari hasil observasi kinerja guru diperoleh dengan kategori hasil sangat baik. Hasil angket tanggapan siswa menyatakan bahwa 51% sangat setuju, 38% setuju, dan 11% siswa menyatakan kurang setuju. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, penerapan model pembelajaran Kontekstual Tipe Learning Community dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap siswa pada pokok bahasan menggunakan menu dan ikon pokok perangkat lunak pengolah angka siswa kelas VIII B SMP Negeri 8 Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kognitif, Afektif, Psikomotor, Learning Community
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: risma nur unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:30
Last Modified: 10 Nov 2015 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20681

Actions (login required)

View Item View Item