Aplikasi Alat Peraga Analisa Gangguan Pengendali Elektromagnetik Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI SMK N 3 Semarang


Ahmad Syarief , 5301410003 (2015) Aplikasi Alat Peraga Analisa Gangguan Pengendali Elektromagnetik Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik Kelas XI SMK N 3 Semarang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5301410003-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan SMK dalam membekali kesiapan kerja lulusannya untuk memenuhi tuntutan dunia kerja, sangat bergantung pada kemampuan guru dalam mengembangkan proses pembelajarannya dan membentuk sikap yang baik bagi siswanya. Salah satu faktor terjadinya proses pembelajaran yang efektif dan efesien yaitu adanya media pembelajaran. Dalam mata pelajaran produktif dibutuhkan media pembelajaran secara visual yaitu sebuah alat peraga. Alat peraga dapat mempermudah guru menyampaikan materi dan siswa dapat menerima materi. Berdasarkan hasil observasi di SMK N 3 Semarang pada mata pelajaran mengoperasikan sistem pengendali elektromagnetik khususnya pada kompetensi dasar melacak gangguan pada sistem kontrol berbasis relay atau kontaktor magnetik, nilai tertinggi siswa adalah 80, nilai terendah siswa adalah 30 Kriteria ketuntasan minimal ( KKM ) 75 dengan nilai rata – rata siswa 62 maka hasil belajar siswa belum tuntas. Ada dugaan siswa belum dapat menerapkan materi bagaimana cara melacak gangguan pada sistem pengendali elekrtomagnetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem pengendali elektromagnetik yang diberi pengajaran menggunakan alat peraga dengan siswa yang tidak menggunakan alat peraga. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental yaitu Nonequivalent Control Group Design. Analisis data yang digunakan meliputi uji t. Pada penelitian ini terdapat perbedaan hasil belajar kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, berdasarkan uji t didapat nilai t(hitung) sebesar 2,72, t(hitung) tersebut lebih besar dari pada nilai t(tabel) yaitu sebesar 2,00. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan alat peraga dan yang tidak menggunakan alat peraga. Sebagai saran dalam proses pembelajaran Mengoperasikan Sistem Pengendali Elektromagnetik supaya menggunakan alat peraga analisa gangguan pengendali elektromagnetik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Melacak Gangguan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 17:02
Last Modified: 10 Nov 2015 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20660

Actions (login required)

View Item View Item