MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH SATU ATAP (STUDI KASUS DI SMP N 6 UNGARAN SATU ATAP)


Adi Nugroho, 1102410050 (2015) MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH SATU ATAP (STUDI KASUS DI SMP N 6 UNGARAN SATU ATAP). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102410050-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam persfektif persekolahan agar tujuan pendidikan disekolah dapat tercapai secara efektif dan efisien, proses manajemen pendidikan dalam hal ini manajemen kurikulum memiliki peranan yang amat vital karena bagaimanapun sekolah merupakan suatu sistem yang didalamnya melibatkan berbagai komponen dan sejumlah kegiatan yang perlu dikelola secara baik dan tertib. Penelitian ini bertujuan untuk, Mengetahui perencanaan kurikulum, Mengetahui a pengorganisasian kurikulum, Mengetahui pelaksanaan kurikulum, dan Mengetahui evaluasi kurikulum di SMP N 6 Ungaran satu Atap. Responden meliputi Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah bidang Kurikulum, dan Guru. Metode pengumpulan data dilakukan adalah observasi,wawancara, dandokumentasi.Ketiganya dilakukan secara terencana untuk mendapatkan data yang lengkap dan relevan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif. Lokasi penelitian adalah SMP N 6 Ungaran Satu Atap. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan kurikulumnya dilakukan oleh kepala sekolah dan guru pada awal tahun pelajaran dengan menyiapkan silabus dan RPP, pengorganisasian kurikulumnya kepala sekolah membagi tugas kepada guru sesuai dengan kompetensinya dan menyusun kalender akademik serta jadwal pelajarannya. Pelaksanaan kurikulumnya menyajikan proses pembelajaran mulai dari materi, langkah pembelajaran, media dan metode pembelajaran, evaluasi kurikulumnya dilakukan pada tahap tes, yaitu kegiatan pembelajaran yang mengacu pada aspek kognitif, dan tahap non tes yaitu guru melihat sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah didalam manajemen kurikulum disekolah perlu adanya kerjasama antara semua stake holder di sekolah sehingga proses pembelajaran dan tujuan dari kurikulum dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: manajemen kurikulum, sekolah satu atap
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 11:43
Last Modified: 10 Nov 2015 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20496

Actions (login required)

View Item View Item