PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENJAHIT GAUN MENGGUNAKAN MEDIA JOBSHEET DAN MEDIA FRAHMEN


Aini Zulaihah , 5401410147 (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENJAHIT GAUN MENGGUNAKAN MEDIA JOBSHEET DAN MEDIA FRAHMEN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 5401410147-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Belajar pada dasarnya adalah proses kompleks pada manusia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup. Proses belajar hanya akan terjadi jika siswa mempunyai minat belajar dan ikut berpartisipasi dalam proses belajar. Strategi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap minat belajar siswa maupun keaktifan siswa di dalam kelas. Peningkatan minat belajar dapat dilakukan dengan menerapkan pembelajaran yang dirancang menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan. Media frahmen dan media jobsheet menjadi alternatif media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penggunaan media yang tepat dapat membuat proses pembelajaran menarik dan menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media frahmen dengan siswa yang diajar menggunakan media jobsheet pada pokok bahasan menjahit gaun. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian static group comparation dan untuk menguji hipotesis menggunakan t-test. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI busana butik SMK AL-Musyaffa Kendal sejumlah 69 siswa yang terbagi ke dalam 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran menggunakan media jobsheet dan kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran menggunakan media frahmen. Hasil penelitian berdasarkan analisis uji-t diperoleh t hitung = 9,6890 dan t tabel = 1,9954. Hasil penelitian menunjukkan t hitung > t tabel dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang diperoleh yaitu terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media jobsheet dan siswa yang diajar menggunakan media frahmen, dimana siswa yang diajar menggunakan media frahmen mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Saran yang dapat diambil yaitu media jobsheet dapat dijadikan sebagai pendukung pada mata pelajaran praktek karena dapat memberikan arahan dan motivasi siswa ketika mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Menjahit Gaun, Media Jobsheet dan Media Frahmen
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 10 Nov 2015 09:11
Last Modified: 10 Nov 2015 09:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20466

Actions (login required)

View Item View Item