HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN BUSANA WANITA PADA SISWA KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL

Alfiyatur Rohmaniyah , 5401410140 (2014) HUBUNGAN ANTARA FASILITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PEMBUATAN BUSANA WANITA PADA SISWA KELAS XI DI SMK NU 01 KENDAL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (6Mb)

    Abstract

    Prestasi belajar merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam dunia pendidikan, karena prestasi belajar dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran. Pembuatan busana wanita adalah kumpulan bahan kajian dan pelajaran yang mempelajari tentang pembuatan busana salah satunya pembuatan blus luar wanita. Peningkatan prestasi belajar pembuatan busana wanita dipengaruhi beberapa faktor penting dalam proses belajar mengajar. Fasilitas belajar adalah sarana dan prasarana yang digunakan dalam proses belajar mengajar, dengan tersedianya fasilitas belajar yang memadai diharapkan siswa akan memperoleh prestasi belajar yang optimal. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pembuatan busana wanita pada siswa kelas XI di SMK NU 01 Kendal? Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pembuatan busana wanita pada siswa kelas XI di SMK NU 01 Kendal. Populasi penelitian adalah siswa kelas 2 kompetensi keahlian busana butik di SMK NU 01 Kendal sebanyak 74 siswa. Pengambilan sampel dengan Teknik Simple Random Sampling sebesar 37 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah fasilitas belajar dan variabel terikat adalah prestasi belajar pembuatan busana wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas belajar termasuk dalam kategori cukup, hal ini dikarenakan sekolah berusaha untuk menyediakan fasilitas belajar secara optimal akan tetapi belum mencukupi dengan banyaknya siswa yang ditampung. Prestasi belajar masuk dalam kategori cukup, dikarenakan siswa menggunakan fasilitas belajar disekolah dengan seadanya sehingga menghasilkan prestasi belajar yang cukup. Hasil analisis dengan product moment diperoleh r hitung 0,943 lebih besar dari r tabel 0,325, sehingga hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pembuatan busana wanita teruji kebenarannya. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan yang berarti antara fasilitas belajar dengan prestasi belajar pembuatan busana wanita pada siswa kelas XI di SMK NU 01 Kendal, koefisien determinasi adalah 0,889 termasuk dalam kriteria signifikan, selebihnya disebabkan oleh faktor lain seperti bakat, minat, lingkungan dan motivasi siswa dll. Pihak sekolah disarankan agar memperhatikan kondisi fasilitas belajar khususnya fasilitas praktek yang masih kurang, siswa diharapkan tidak hanya bergantung pada fasilitas belajar yang disediakan disekolah saja tetapi agar melengkapi alat bantu menjahit lainnya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: busana wanita, fasilitas belajar, prestasi belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    L Education > LC Special aspects of education
    T Technology > TX Home economics
    Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
    Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
    Date Deposited: 10 Nov 2015 04:05
    Last Modified: 10 Nov 2015 04:05

    Actions (login required)

    View Item