PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGGUNAAN INJECTOR TESTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUJIAN INJEKTOR PADA KENDARAAN EFI


Muhamad Sa’dullah, 5201410013 (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENGGUNAAN INJECTOR TESTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENGUJIAN INJEKTOR PADA KENDARAAN EFI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 520141001-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah multimedia yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dan dapatmengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam pengujian injektor pada kendaraan EFIdengan menggunakan Injector Tester. Sampel Penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2012 sebanyak 30 Mahasiswa. Semua mahasiswa dimasukkan ke dalam kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development(R&D). Ujicoba produk untuk melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan pola pre test pos test one group. Dari analisis data secara deskriptif diketahui bahwa hasil pengembangan multimedia ini valid (layak) digunakan untuk pembelajaran dan terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam penggunaan injector testeruntuk pengujian injektor pada kendaraan EFI. Hal ini terlihat pada hasil uji ahli materi dan ahli media. Untuk rata-rata hasil pengujian materi penggunaan injector testersebesar 93,75% danrata-rata hasil pengujian ahli media sebesar 74,55%. Untuk tanggapan dari reviewermahasiswa sebesar 82,61%. Bedasarkan hasil penilaian dan tanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia yang dikembangkan pada standar kompetensi penggunaan injector testerini layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Untuk peningkatan hasil belajarmahasiswa dalam penggunaan injector testerdianalisis dengan menggunakan pola pre test pos test one group. Pada tahap awal diberikan pre testuntuk melihathasil belajar mahasiswa pada kompetensi menggunakan injector tester,rata-rata hasil nilainya sebesar 49,03%.Hasil Uji t menunjukkan bahwa penggunaan multimedia pembelajaran memberikan peningkatan hasil belajar pada kompetensi menggunakaninjector testerdibandingkan sebelum menggunakan multimedia pembelajaran penggunaan injector tester. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil nilai ttabel< t hitungdapat disimpulkanH0 ditolak dan Ha diterima.Kemudian diberi perlakuan dengan memberi multimedia pembelajaranpenggunaan injector testerselanjutnya diuji kembali dengan menggunakan soal pos test.Rata-rata hasil nilai pos testsebesar 84,60%. Bedasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan adanya peningkatan yang signifikan setelah diberikan multimedia pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Injector tester , Peningkatan Hasil Belajar , Injektor
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 10 Nov 2015 02:20
Last Modified: 10 Nov 2015 02:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item