HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2012/2013
Rohmansah, 3201406502 (2013) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 SIWALAN KABUPATEN PEKALONGAN SEMESTER GASAL TAHUN AJARAN 2012/2013)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan observasi awal penelitian bahwa bahan koleksi perpustakaan di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan sudah cukup memadai untuk dijadikan sebagai pusat sumber belajar dan setiap tahun mengagendakan koleksi buku sampai tahun 2010. Siswa sering berkunjung ke perpustakaan sekolah, dan mencari informasi di perpustakaan guna meningkatkan hasil belajar, pada mata pelajaran tertentu diberi tugas oleh guru untuk belajar di perpustakaan. Permasalahan dalam penelitian: 1) Bagaimana pemanfaaatan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan Tahun 2012?, 2) Adakah Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dengan Hasil Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Siwalan Tahun 2012?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemanfaaatan perpustakaan sekolah di SMP Negeri 1 Siwalan Tahun 2012, 2) Untuk mengetahui seberapa besar Hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah SMP Negeri 1 Siwalan Tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Siwalan yang terdiri dari 24 kelas tahun ajaran 2012/2013. Teknik pegambilan sampel menggunakan sampel random sampling karena kelas dianggap homogen dan yang terpilih adalah kelas VII, VIII, dan IX. Variabel yang diukur adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan sekolah dalam kategori tinggi, hal ini dikarenakan terdapat banyak siswa yang aktif di dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah, siswa mau mencari sumber informasi di perpustakaan sekolah, sehingga siswa dapat belajar mandiri, banyak juga siswa yang membaca buku dan meminjam di perpustakaan, ada juga yang belajar di perpustakaan dengan cara berdiskusi secara kelompok pada saat mata pelajaran tertentu, memperoleh hasil yakni adanya pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan hasil belajar siswa, sehingga pengaruhnya dalam kategori tinggi. Disarankan masih banyaknya siswa yang belum maksimal dalam memanfaatkan perpustakaan sekolah, sebaliknya pihak sekolah juga harus sering menambah koleksi buku-buku di perpustakaan guna meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu dengan menambahkan internet sehingga siswa mampu mencari sumber informasi secara luas sehingga diharapkan dapat menambah ilmu dan wawasan yang luas, dan pada akhirnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Hasil Belajar Siwa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 18:00 |
Last Modified: | 10 Apr 2014 18:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19924 |
Actions (login required)
View Item |