KESENIAN TRADISIONAL THONG-THONG LEK DI DESA PRAGU KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG (BENTUK DAN FUNGSI)


Jama‟ Adi Saputra, 2501409005 (2013) KESENIAN TRADISIONAL THONG-THONG LEK DI DESA PRAGU KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG (BENTUK DAN FUNGSI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KESENIAN TRADISIONAL THONG-THONG LEK DI DESA PRAGU KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG (BENTUK DAN FUNGSI)]
Preview
PDF (KESENIAN TRADISIONAL THONG-THONG LEK DI DESA PRAGU KECAMATAN SULANG KABUPATEN REMBANG (BENTUK DAN FUNGSI))
Download (3MB) | Preview

Abstract

Thong-thong Lek merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan oleh warga kampung untuk membangunkan orang makan sahur pada malam hari di bulan suci Ramadhan, dengan cara meainkan kenthongan yang terbuat dari bambu yang di lobangi tengahnya dan meneriakan kata-kata sahur diselah-selah bunyi kenthongan yang telah dipukul. Kesenian tradisional Thong-thong Lek di Desa Pragu Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang menempati urutan paling tinggi dibandingkan dengan kesenian lainya, hal ini yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian di desa tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan, bentuk pertunjukan dan fungsi kesenan tradisional Thong-thong Lek di desa Pragu Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Penelitian ini bentujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan, bentuk pertunjukan dan fungsi kesenian tradisional Thong-thong Lek di desa Pragu Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang. Namun dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan pada bentuk pertunjukan dan fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi, sedangkan dalam penganalisisan data proses yang ditempuh adalah analisis model interaktif dengan tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kesenian tradisional Thong-thong Lek kini menjadi lebih berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas baik dalam kota maupun luar kota, dengan adanya festival Thong-Thong Lek yang di selenggarakan oleh pemerintah kota Rembang disetiap bulan Ramadhan. Bentuk pertunjukan festival kesenian tradisional Thong-thong Lek juga sangat menarik. Setiap kelompok mempunyai bentuk pertunjukan yang berfariasi mulai dari bentuk penyajian, tata panggug, tatarias, tata busana, tata suara, tata lampu, dan tata formasi yang di gunakan. semua cara digunakan guna mendukung penampilan terbaik dari setiap kelompok. Kesenian tradisional Thong-thong Lek juga mempunya beberpa fungsi secara garis besar sebagai media hiburan dan komunikasi dan membangunkan orang untuk makan sahur pada bulan suci Ramadhan. Agar kesenian tradisional Thong-thong Lek tetap terjaga kelestarian dan keasliannya, akan disetiap ada acara pemerintahan kesenian tradisional Thong-thong Lek selalu ditampilkan sebagai wujud simbolis dan identitas dari kesenian yang dimiliki oleh kota Rembang dan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian Tradisional, Bentuk Pertunjukan dan Fungsi
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: Users 23382 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 11:34
Last Modified: 07 May 2014 11:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19516

Actions (login required)

View Item View Item