PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN KARANGANYAR 02


Novi Latifuraini, 1401409021 (2013) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN KARANGANYAR 02. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN KARANGANYAR 02]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INTRUCTION BERBANTUAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SDN KARANGANYAR 02)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Sebelumnya guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran yang inovatif, serta rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran IPA. Sehingga berpengaruh pada hasil belajar IPA yang masih di bawah KKM. Adapun solusi yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI). Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam pembelajaran IPA melalui model PBI berbantuan media grafis pada siswa Kelas IV SDN Karanganyar 02. 2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA melalui model PBI berbantuan media grafis pada siswa Kelas IV SDN Karanganyar 02. 3) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model PBI berbantuan media grafis pada siswa Kelas IV SDN Karanganyar 02. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran PBI yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Karanganyar 02. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Keterampilan guru pada siklus I perolehan skor rata-rata yaitu 2,8 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 3,5 dengan kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor yaitu 2,4 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 3,1 dengan kategori baik. 3) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 68,3 dengan ketuntasan belajar 67,5%. Pada siklus II meningkat diperoleh nilai rata-rata 76,4 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran IPA melalui model Problem Based Intruction dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Saran yang dapat diberikan, sebaiknya model Problem Based Intruction diterapkan dalam pembelajaran IPA dengan bantuan media grafis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPA, Model Pembelajaran PBI.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Users 22788 not found.
Date Deposited: 07 May 2014 17:12
Last Modified: 07 May 2014 17:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19313

Actions (login required)

View Item View Item