PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGIDENTIFIKASI RAGAM LAGU DAERAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 SERANG PETARUKAN PEMALANG


Indrawati, 1402408177 (2012) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGIDENTIFIKASI RAGAM LAGU DAERAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 SERANG PETARUKAN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGIDENTIFIKASI RAGAM LAGU DAERAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 SERANG PETARUKAN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI MENGIDENTIFIKASI RAGAM LAGU DAERAH PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 04 SERANG PETARUKAN PEMALANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni budaya dan keterampilan yang dilakukan akan kurang efektif apabila menggunakan metode ceramah saja. Seperti yang terjadi pada siswa kelas V SD Negeri 04 Serang kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang pada materi mengidentifikasi ragam lagu daerah. Siswa kurang aktif dan hasil belajar belum optimal karena guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran yang sesuai sangat diperlukan dalam upaya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi mengidentifikasi ragam lagu daerah nusantara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 04 Serang Petarukan Pemalang. Manfaat yang lainnya yaitu siswa bisa mengetahui budaya daerah seperti baju adat dan juga rumah adat dari lagu yang sedang ia pelajari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas V SD Negeri 04 Serang kecamatan Petarukan kabupaten Pemalang. Siklus I dan siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes, teknik non tes terdiri atas observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis datahasil belajar siswa dan analisis data observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 04 Serang Petarukan Pemalang. Aktivitas belajar siswa meningkat dari 67,60 pada siklus I dan menjadi 76,18 pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 72,50% pada siklus I dan menjadi 90,50% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti menyarankan agar dalam pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) hendaknya guru menggunakan media audio visual sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas,Hasil Belajar, Media pembelajaran Audio Visual, Ragam Lagu Daerah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 07 May 2014 17:55
Last Modified: 07 May 2014 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item