Kajian Penerapan Konsep Eco Office Berdasarkan Perilaku Pengguna Gedung Perpustakaan Universitas Negeri Semarang


Novi Diah Kurianti, 5101409061 (2013) Kajian Penerapan Konsep Eco Office Berdasarkan Perilaku Pengguna Gedung Perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kajian Penerapan Konsep Eco Office Berdasarkan Perilaku Pengguna Gedung Perpustakaan Universitas Negeri Semarang]
Preview
PDF (Kajian Penerapan Konsep Eco Office Berdasarkan Perilaku Pengguna Gedung Perpustakaan Universitas Negeri Semarang)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep eco office gedung perpustakaan Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung dan pegawai perpustakaan Uiversitas Negeri Semarang. Jumlah pengunjung rata-rata setiap bulannya sebanyak 250 orang, diambil sampel dengan menggunakan rumus Slovin dan sampel penelitian ini sebanyak 72 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tanggapan. Instrumen tersebut telah diuji tingkat validitas dan reliabilitas sehingga instrumen dapat dikatakan memenuhi syarat untuk alat pengambilan data penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis prosentase skor. Lima indikator penerapan konsep eco office yang sudah diujikan yaitu, penghematan listrik, penghematan dan konservasi air, pengelolaan sampah kantor, penghijauan, upaya lainnya, hasilnya mengerucut pada skor 67,43 % yang menunjukan bahwa penerapan konsep eco office di gedung perpustakaan UNNES cukup terlaksana. Persebaran tingkat terlaksananya penerapan sesuai dengan indikator penerapan adalah penghematan listrik (65,31%), penghematan dan konservasi air (46,53%), pengelolaan sampah kantor (84,44%), penghijauan (85,83%), upaya lainnya (55,07%). Saran dari hasil penelitian ini yaitu : 1) mengurangi pemakaian lampu dengan memanfaatkan energi dari cahaya matahari. 2) Seharusnya gedung perpustakaan memakai lampu hemat energi agar tidak menghabiskan banyak biaya untuk listrik dan penggantian lampu yang rusak. 3) adanya poster atau stiker yang menerangkan tentang cara melakukan penghematan energi listrik. 4) Penggunaan shower di setiap kamar mandinya. 5) adanya poster atau stiker yang menerangkan tentang cara melakukan penghematan air. 6) Menyediakan tempat sampah di dalam gedung. 7) Menghijaukan ruangan dengan tanaman hidup. 8) Menempel tanda larangan merokok, membawa makanan ke dalam perpustakaan di setiap sudut perputakaan. 9) Melakukan sosialisasi penerapan eco office pada pegawai dan stiker untuk mengajak pengunjung melakukan penerapan konsep eco office.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: eco office; pengguna gedung perpustakaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 11:41
Last Modified: 12 May 2014 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19146

Actions (login required)

View Item View Item