PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI-AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012


Diah Ratna Apriyani, 7101408181 (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI-AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI-AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012]
Preview
PDF (PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, CARA BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI-AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA N 1 CEPIRING KABUPATEN KENDAL TAHUN AJARAN 2011/2012)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik faktor intern maupun faktor ekstern siswa. Faktor intern merupakan faktor yang berasal dari diri siswa dan faktor ekstern adalah faktor yang berasal dari luar siswa. Hasil observasi awal menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Cepiring tergolong masih rendah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa, cara belajar, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar ekonomi akuntansi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cepiring tahun 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Cepiring tahun 2011/2012 yang berjumlah 148 siswa, dan ditetapkan sampel sebesar 108 siswa dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling.. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi, motivasi belajar siswa, cara belajar, dan lingkungan sekolah. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil perhitungan besarnya pengaruh motivasi belajar siswa, cara belajar, dan lingungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi akuntansi sebesar 68%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Secara masing-masing motivasi belajar siswa dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi akuntansi sebesar 4,54% , cara belajar dapat mempengaruhi hasil belajar ekonomi akuntansi sebesar 4,58%, dan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi sebesar 5,02%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahawa ada pengaruh motivasi belajar siswa, cara belajar, dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA N 1 Cepiring tahun ajaran 2011/2012. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu siswa diharapkan tekun dan teliti dalam mengerjakan tugas, berusaha mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru dan mengupulkannya tepat waktu. Untuk sekolah perlu meningkatkan lagi pemenuhan sarana prasarana untuk kegiatan belajar mengajar, serta kedisiplinan siswa perlu ditegakkan dalam hal kerapihan berseragam dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar Siswa, Cara Belajar, Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 12:03
Last Modified: 12 May 2014 12:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19130

Actions (login required)

View Item View Item