ANALISIS KENYAMANAN RUANG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA (Studi Kasus: Ruang Baca Koleksi Skripsi Perpustakaan Universitas Negeri Semarang)


Choeroh Yudiansah, 5101407012 (2013) ANALISIS KENYAMANAN RUANG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA (Studi Kasus: Ruang Baca Koleksi Skripsi Perpustakaan Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KENYAMANAN RUANG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA (Studi Kasus: Ruang Baca Koleksi Skripsi Perpustakaan Universitas Negeri Semarang)]
Preview
PDF (ANALISIS KENYAMANAN RUANG PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PERSEPSI MAHASISWA (Studi Kasus: Ruang Baca Koleksi Skripsi Perpustakaan Universitas Negeri Semarang))
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung ruang baca koleksi skripsi Perpustakaan Universitas Negeri Semarang tentang tingkat kenyamanan ruang baca koleksi skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung ruang baca koleksi skripsi. Jumlah pengunjung rata-rata setiap harinya sebanyak 97 orang, diambil sampel dengan menggunakan rumus Slovin dan sampel penelitian ini sebanyak 50 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket tanggapan. Instrumen tersebut telah diuji tingkat validitas dan reliabilitas sehingga instrumen dapat dikatakan memenuhi syarat untuk alat pengambilan data penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis prosentase skor. Delapan indikator kenyamanan yang sudah diujikan yaitu, Penataan Perabot Dalam Ruang, Perabot Dan Perlengkapan Perpustakaan, Sirkulasi Pengunjung Dalam Ruang, Pencahayaan, Pewarnaan, Sirkulasi Udara, Hubungan Antar Ruang Dan Faktor Kebisingan hasilnya mengerucut pada skor 69,39 % yang menunjukan bahwa titik kenyamanan pada ruang baca koleksi skripsi adalah Cukup Nyaman bardasarkan persepsi pengunjung. Persebaran tingkat kenyamanan sesuai dengan indikator kenyamanan adalah tingkat kenyamanan Penataan perabot dalam ruang skor 72,4% (Cukup Nyaman), Perabot & Perlengkapan Perpustakaan skor 70,5% (Cukup Nyaman), Sirkulasi Pengunjung Dalam Ruang skor 72,5% (Cukup Nyaman), Pencahayaan skor 73,07% (Cukup Nyaman), Pewarnaan skor 66,8% (Cukup Nyaman), Sirkulasi Udara skor 64,4% (Cukup Nyaman), Hubungan Antar Ruang skor 64,4% (Cukup Nyaman), Faktor Kebisingan skor 71,1% (Cukup Nyaman). Saran dari hasil penelitian ini yaitu : 1) Mengubah tatanan meja dan kursi pada ruang agar memberikan kenyamanan 2) Memperbaiki kondisi perabot dan perlengkapan perpustakaan seperti; mengganti kursi-kursi yang rusak dan perwarnaan ulang meja yang sudah lapuk. 3) Menata ulang letak meja lingkar dan kursi yang agar saat penggunana penuh tidak menghalangi pengunjung yang hendak masuk atau keluar ruang baca, serta memperlebar jarak antar rak buku untuk kenyamanan pengunjung saat memilih buku. 4) Menyediakan penerangan tambahan yang bisa digunakan ketika mendung atau saat lain yang membutuhkan penerangan tambahan. 5) Memberikan sentuhan warna lain pada dinding agar terciptanya komposisi warna yang menarik dan rasa nyaman diruang baca serta menghindari kecenderungan rasa bosan. 6) Mengganti pengkondisi udara dengan alat pengkondisi udara yang tidak menimbulkan suara yang bising sehingga tidak mengganggu aktivitas membaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perpustakaan; ruang baca; kenyamanan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 12 May 2014 13:47
Last Modified: 12 May 2014 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19103

Actions (login required)

View Item View Item