FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAKAN SIANG DI SEKOLAH DASAR AL MUSLIM TAMBUN BEKASI


ROHAYATI, 6450408128 (2013) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAKAN SIANG DI SEKOLAH DASAR AL MUSLIM TAMBUN BEKASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAKAN SIANG DI SEKOLAH DASAR AL MUSLIM TAMBUN BEKASI]
Preview
PDF (FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENYELENGGARAAN PROGRAM MAKAN SIANG DI SEKOLAH DASAR AL MUSLIM TAMBUN BEKASI)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan makanan di sekolah merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan makanan pada anak usia sekolah. Saat ini, belum ada evaluasi terhadap penyelenggaraan makan di sekolah yang dapat memberikan penilaian yang obyektif terhadap program tersebut sehingga pada praktiknya siswa hanya diberikan makanan yang sesuai dengan anggaran dana yang ada, bukan berdasarkan pertimbangan kecukupan gizi dan masalah gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan penyelenggaraan program makan siang di Sekolah Dasar Al Muslim Tambun Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif, dengan rancangan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini bersifat sementara dengan teknik snowball sampling. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru, petugas dalam kegiatan manajemen sistem penyelenggaraan makan siang, dan siswa. Uji keabsahan data dalam penelitian ini yaitu credibility atau kredibilitas dengan pendekatan triangulasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah input (sumber daya manusia, tingkat pengetahuan gizi guru, dana, sarana prasarana, tingkat kecukupan zat gizi siswa, status gizi), dan proses (perencanaan menu hingga penyajian dan distribusi) semuanya saling terkait dan perlu dilakukan secara maksimal untuk menghasilkan output (penyelenggaraan program makan siang) di Sekolah Dasar Al Muslim Tambun Bekasi yang baik dan maksimal pula. Perlu dilakukan perbaikan kualitas menu agar dapat meningkatkan selera makan para siswa dan diperhatikan pula jenis makanan yang tidak disukai oleh anak, perlu ditingkatkan peran wali kelas dalam penyelenggaraan program makan siang di sekolah, dan perlu ditingkatkan peran serta motivasi dari orang tua dalam menunjang penyelenggaraan program makan siang di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Program Makan Siang, Penyusunan Pelayanan Makanan, Manajemen Gizi Institusi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:23
Last Modified: 07 Nov 2013 16:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18901

Actions (login required)

View Item View Item