PENELITIAN TINDAKAN KELAS EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK A1 TK MASYITHOH TUNAS BANGSA, KARANGLUHUR, KALIANGET, WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012-2013


SITI SOFIAH, 1601910034 (2013) PENELITIAN TINDAKAN KELAS EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK A1 TK MASYITHOH TUNAS BANGSA, KARANGLUHUR, KALIANGET, WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENELITIAN TINDAKAN KELAS EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK A1 TK MASYITHOH TUNAS BANGSA, KARANGLUHUR, KALIANGET, WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012-2013]
Preview
PDF (PENELITIAN TINDAKAN KELAS EKSPLORASI BENTUK-BENTUK GEOMETRI DENGAN BERBAGAI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA KELOMPOK A1 TK MASYITHOH TUNAS BANGSA, KARANGLUHUR, KALIANGET, WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012-2013)
Download (855kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bentuk-bentuk geometri pada kelompok A1 TK Masyithoh Tunas Bangsa, Karangluhur, Kalianget, Wonosobo. Penelitian dilaksanakan di Kelompok A1 TK Masyithoh Tunas Bangsa, Karangluhur, Kalianget, Wonosobo pada bulan Agustus dan September 2012 dalam dua siklus. Tiap siklus sekali pertemuan dengan waktu 150 menit. Penelitian dilakukan dengan menerapkan berbagai media pembelajaran, yaitu : media gambar diam/mati, media grafis, media model, dan media realita. Data penelitian diambil menggunakan teknik tes, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian menggunakan lembar hasil belajar dan lembar observasi. Lembar hasil belajar digunakan untuk mencatat data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sebelum siklus dan sesudah siklus. Lembar observasi digunakan untuk mencatat data kualitatif berupa pengamatan tentang partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum siklus dan sesudah siklus. Analisis data menggunakan teknik deskriptif analitik. Data kuantitatif dari lembar hasil belajar diolah menggunakan analisis persentase. Data kualitatif dari lembar observasi, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan data kualitatif kemudian dikaitkan sebagai dasar untuk mendeskripsikan keberhasilan penerapan berbagai media pembelajaran, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar bentuk-bentuk geometri dan perubahan partisipasi (tingkah laku siswa di kelas) yang menyertainya. Indikator kinerja dari data kuantitatif ditetapkan kriteria bahwa semakin meningkat perolehan hasil belajar bentuk-bentuk geometri para siswa pada kategori diatasnya menunjukkan kriteria peningkatan kualitas pembelajaran . Indikator kinerja dari data kualitatif ditetapkan bahwa peningkatan partisipasi siswa dan peningkatan sikap positif baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya sebagai indikator peningkatan pembelajaran yang positif dari siklus ke siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat dari siklus ke siklus. Peningkatan hasil belajar siswa diikuti oleh peningkatan kriteria partisipasi siswa dari siklus ke siklus. Tindakan pada siklus I dapat meningkatkan hasil belajar siswa mencapaai kriteria baik dan sangat baik mencapai 28,57%. Tindakan pada siklus II dapat meningkatkan hasil belajar semua siswa mencapai kriteria baik 47,62% dan kriteria sangat baik mencapai 52,38%. Sehingga tidak perlu dilakukan tindakan pada siklus berikutnya. Simpulan : penerapan berbagai media pada pembelajaran bentuk-bentuk geometri dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada kelompok A1 TK Masyithoh Tunas Bangsa, Karangluhur, Kalianget, Wonosobo Tahun Pelajaran 2012-2013. Hal ini ditandai oleh peningkatan persentase siswa yang memperoleh hasil belajar dengan kriteria baik (skor 4) dan sangat baik (skor 5), yaitu dari semula 0 % (baik) dan 0% (sangat baik). Siklus I: 28,57% (baik) dan 28,57% (sangat baik). Siklus II: 47,62% (baik) dan 52,38% (sangat baik).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Bentuk-bentuk Geometri
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Users 22801 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 16:27
Last Modified: 07 Nov 2013 16:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18894

Actions (login required)

View Item View Item