KORELASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES


Mualimin, 4401408060 (2013) KORELASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KORELASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES]
Preview
PDF (KORELASI MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BIDIKMISI JURUSAN BIOLOGI FMIPA UNNES)
Download (4MB) | Preview

Abstract

Bidikmisi merupakan bantuan pendidikan dari Ditjen Dikti yang diberikan kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Kontrak Bidikmisi Unnes menuntut mahasiswa Bidikmisi Unnes memiliki prestasi akademik baik yang ditunjukkan dengan IPK ≥ 3,00 dan aktif menjadi pengurus lembaga kemahasiswaan di tingkat jurusan, fakultas, atau universitas. Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar antara lain faktor psikologis seperti motivasi berprestasi dan minat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara motivasi berprestasi dan minat berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Populasinya adalah seluruh mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes angkatan 2010, 2011 dan 2012. Sampelnya adalah mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes angkatan 2010 dan 2011 yang berjumlah 84 mahasiswa. Data dalam penelitian ini berupa motivasi berprestasi, minat berorganisasi, dan indeks prestasi belajar (IPK) mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes. Data motivasi berprestasi dan minat berorganisasi diambil dengan pemberian skala psikologi berupa skala motivasi berprestasi dan skala minat berorganisasi, sedangkan data IPK diambil dengan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase untuk mengetahui gambaran tingkat motivasi berprestasi, minat berorganisasi, dan IPK mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes serta analisis korelasi untuk mengetahui korelasi (hubungan) antar variabel. Hasil review ahli menunjukkan bahwa 32 dari 80 aitem skala motivasi berprestasi dan 15 dari 60 aitem skala minat berorganisasi yang dibuat peneliti perlu direvisi. Penelitian terhadap motivasi berprestasi dan minat berorganisasi mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes menunjukkan hasil bahwa rata-rata termasuk dalam kriteria tinggi. Mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes mempunyai IPK antara 2,59–3,71 dengan rata-rata IPK 3,27. Korelasi motivasi berprestasi terhadap indeks prestasi belajar termasuk kategori tinggi dengan koefisien korelasi 0,656. Korelasi minat berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar termasuk kategori sedang dengan koefisien korelasi 0,582. Korelasi motivasi berprestasi dan minat berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar termasuk kategori tinggi dengan koefisien korelasi 0,678. Simpulan yang dapat diperoleh yaitu ada korelasi antara motivasi berprestasi dan minat berorganisasi terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi FMIPA Unnes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bidikimisi, IPK, korelasi, minat berorganisasi, motivasi berprestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:07
Last Modified: 07 Nov 2013 17:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18852

Actions (login required)

View Item View Item