MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERMESINAN MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL


Harnendro Prasetyawan, 5201407022 (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERMESINAN MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERMESINAN MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL]
Preview
PDF (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI PERMESINAN MATA PELAJARAN DASAR KOMPETENSI KEJURUAN SISWA KELAS X MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL) - Published Version
Download (865kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kompetensi permesinan di SMK Slamet Riyadi Gemolong dirasa kurang maksimal. Siswa kurang tertarik terhadap pembelajaran kompetensi permesinan dikarenakan motode pembelajaran masih menggunakan ceramah biasa yang dilakukan oleh guru. Sehingga mempengaruhi tingkat pemahaman dan juga hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kompetensi permesinan siswa kelas X SMK Slamet Riyadi Gemolong. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan. Dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan juga refleksi. Hasil analisis data yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I dari 29 jumlah keseluruhan siswa sebanyak 25 siswa yang mengikuti tes, 4 siswa tidak masuk sekolah dengan tanpa keterangan, 18 siswa telah tuntas dan sebanyak 7 siswa belum tuntas, dengan nilai rata-rata kelas 69,92. Hasil belajar siswa pada siklus II dari 29 jumlah keseluruhan siswa 26 siswa yang mengikuti, 3 siswa tidak masuk dengan tanpa keterangan. Sebanyak 20 siswa tuntas dan 6 siswa yang belum tuntas, dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78,30. Siswa dinyatakan tuntas apabila nilai mencapai KKM yaitu sebesar 70. Pada siklus I ketuntasan klasikal belajar siswa sebesar 72 % dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa sebesra 76,92 %. Dari hasil analisis data yang dilakukan pada siklus I ke siklus II ada peningkatan hasil belajar. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 69,92 dan pada siklus II sebesar 78,30. Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72% dan pada siklus II sebesar 76,92 %. Penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembalajaran kompetensi permesinan mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan siswa kelas X SMK Slamet Riyadi Gemolong dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Mengingat penggunaan media audio visual pada pembelajaran kompetensi permesinan mata pelajaran dasar kompetensi permesianan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hendaknya guru dapat menggunakan media audio visual sebagai variasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : hasil belajar siswa, media audio visual,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 07 Nov 2013 09:46
Last Modified: 07 Nov 2013 09:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18829

Actions (login required)

View Item View Item