PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK BERBAHASA JAWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA


Dinina Diyanatin Nufus, 2601409033 (2013) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK BERBAHASA JAWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK BERBAHASA JAWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN CERITA ANAK BERBAHASA JAWA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LINGKUNGAN KELUARGA)
Download (1MB) | Preview

Abstract

Budaya membaca sangat penting untuk ditanamkan, karena membaca dapat mempengaruhi sumber daya manusia (SDM). Namun, melihat kenyataan di Indonesia, minat baca masyarakat masih sangat rendah. Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca anak-anak Indonesia. Salah satu yang paling menonjol yakni terbatasnya sarana dan prasarana membaca, seperti ketersediaan perpustakaan dan buku-buku bacaan yang bervariasi. Keluarga merupakan tahap pertama dalam pembentukan karakter anak. Lingkungan keluarga sangat menentukan keberhasilan di lingkungan berikutnya, yakni sekolah dan masyarakat. Jika dalam keluarga, anak dibiasakan memiliki sifat dan karakter yang baik, maka ketika dewasa akan cenderung memiliki sifat dan karakter yang baik pula, begitu juga sebaliknya. Penanaman nilai karakter tersebut dapat melalui buku cerita. Dengan buku cerita penanaman nilai tidak terkesan memaksa atau menggurui anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana prototipe buku pengayaan cerita anak berbahasa Jawa berbasis pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan profil buku pengayaan cerita anak berbasis pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang meliputi lima tahapan, (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desai produk, (4) validasi produk, (5) produk jadi. Data penelitian ini meliputi, (1) data survei dan pengamatan terhadap buku pengayaan cerita anak berbahasa Jawa dan penelitian relevan yang sudah ada, (2) data tentang kebutuhan siswa, guru, dan orang tua akan buku pengayaan cerita anak berbahasa Jawa, (3) data koreksi, masukan, dan evaluasi dari para ahli, guru, orang tua. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dan orang tua. Pengumpulan data kebutuhan menggunakan angket serta analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Prototipe yang disusun berdasarkan angket kebutuhan siswa, guru, dan orang tua dipaparkan menggunakan teori anatomi, yang meliputi pendahuluan, isi, dan penyudah. Pendahuluan meliputi bagian sampul, halaman judul, halaman hak cipta, kata pengantar, dan daftar isi. Sampul buku dibuat semenarik mungkin sesuai dengan angket kebutuhan yang telah disebar. Sampul dirancang dengan komposisi warna, gambar, dan tulisan yang ditata secara menarik. Variasi warna yang dipilih adalah warna-warna cerah dengan gambar kartun sebuah keluarga yang disesuaikan dengan judul buku, yaitu Wibi lan Kaluwargane. Bagian isi menceritakan tentang seorang anak yang bernama Wibi dengan masalah-masalah yang dihadapinya ketika berada di rumah. Isi cerita dalam buku Wibi lan Kaluwargane menggunakan bahasa Jawa ngoko dengan alasan agar anak mudah memahami, karena bahasa Jawa ngoko adalah bahasa yang sering digunakan oleh anak. Buku Wibi lan Kaluwargane berisi 10 cerita anak berbahasa Jawa yang masing-masing judulnya saling berkaitan. Sepuluh cerita di dalam buku tersebut mengandung nilai-nilai karakter dalam lingkungan keluarga. Bagian penyudah meliputi identitas penulis buku, glosarium, dan uraian buku. Identitas penulis berisi nama, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, dan foto. Bagian uraian buku berisi tentang manfaat buku. Bagian penyudah tidak menyertakan daftar pustaka, karena cerita yang ada di dalamnya adalah murni karangan penulis. Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa prototipe buku pengayaan cerita anak berbahasa Jawa seri pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga terdiri dari tiga bagian, yaitu pendahuluan, isi, dan penyudah. Pendahuluan meliputi halam judul, halaman hak cipta, kata pengantar, dan daftar isi. Bagian isi meliputi 10 cerita anak berbahasa Jawa ngoko dengan sisipan nilai karakter. Bagian penyudah berisi identitas penulis, glosarium, uraian buku. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan, diperoleh beberapa saran yaitu guru dan orang tua hendaknya dapat memilih cerita anak yang akan dibaca oleh anak dengan cerita anak yang mengandung nilai-nilai karakter, anak dapat membaca dan menerapkan nilai-nilai karakter tersebut dalam kehidupan sehari-hari sehingga generasi mendatang dapat menjadi lebih baik, para pemerhati pendidikan hendaknya dapat mengadakan pengembangan buku pengayaan bahasa Jawa sehingga semakin banyak variasi buku bahasa Jawa yang beredar di masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, lingkungan kaluwarga, crita anak, buku pengayaan.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Users 1771 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2013 17:27
Last Modified: 07 Nov 2013 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item