HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KENYAMANAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG WAJAH PADA PEKERJA LAS LISTRIK KAWASAN SIMONGAN SEMARANG


Reza Yuda Kusuma, 6450408041 (2013) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KENYAMANAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG WAJAH PADA PEKERJA LAS LISTRIK KAWASAN SIMONGAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KENYAMANAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG WAJAH PADA PEKERJA LAS LISTRIK KAWASAN SIMONGAN SEMARANG]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN KENYAMANAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG WAJAH PADA PEKERJA LAS LISTRIK KAWASAN SIMONGAN SEMARANG)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kejadian kecelakaan kerja disebabkan oleh faktor manusia, peralatan pendukung keselamatan, dan juga sistem manajemen keselamatan kerja. Berdasarkan kenyataan di lapangan dan pengamatan selama observasi pendahuluan di bengkel las listrik Kawasan Simongan Semarang pada bulan Juli 2012, ditemukan dari 10 orang yang telah diamati, ada 8 (80%) orang pekerja las listrik tidak menggunakan alat pelindung wajah dan 2 (20%) orang menggunakan alat pelindung wajah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, sikap, dan kenyamanan dengan penggunaan alat pelindung wajah pada pekerja las listrik Kawasan Simongan Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini pekerja las listrik Kawasan Simongan Semarang yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian berjumlah 22 responden, teknik pengambilan sampel dengan total random sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner dan lembar checklist. Hasil uji chi-square sebagai berikut: (1) pengetahuan (p=0,007); (3) sikap (p=0,001); (2) kenyamanan (p=0,002). Simpulan dari penelitian ini yaitu ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dan kenyamanan dengan penggunaan alat pelindung wajah pada pekerja las listrik Kawasan Simongan Semarang. Saran untuk pekerja pengelas diharapkan agar meningkatkan kesadaran tentang pentingnya penggunaan alat pelindung wajah pada saat bekerja. Untuk pemilik bengkel las listrik diharapkan melakukan pengawasan terhadap penggunaan alat pelindung wajah atau alat pelindung diri lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Alat Pelindung Wajah, Pengetahuan, Sikap, Kenyamanan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22786 not found.
Date Deposited: 19 May 2014 15:37
Last Modified: 19 May 2014 15:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/18513

Actions (login required)

View Item View Item