MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GAYA MAGNET MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LONING KABUPATEN PEMALANG


Yuyun Dwi Mustikasari, 1402408048 (2012) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GAYA MAGNET MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LONING KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GAYA MAGNET MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LONING KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GAYA MAGNET MELALUI MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 02 LONING KABUPATEN PEMALANG)
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya pembelajaran di SD menerapkan ceramah baik dalam mata pelajaran eksakta maupun non eksakta. Salah satu mata pelajaran eksakta adalah IPA. Pembelajaran IPA pada dasarnya membutuhkan pengalaman nyata. Salah satu materi IPA adalah gaya magnet. Materi ini membutuhkan pembuktian dan pengalaman bagi siswa, tetapi guru belum menerapkan model pembelajaran yang sesuai, sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD). Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran gaya magnet melalui model STAD pada siswa kelas v di sekolah dasar negeri 02 Loning kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian siswa kelas v SD Negeri 02 Loning kabupaten Pemalang. Pengumpulan data siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes pilihan ganda sedangkan teknik nontes berupa observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan performansi guru. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Kedua teknik tersebut dianalisis dengan membandingkan hasil tes siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum menerapkan model STAD yaitu 58,81 sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 76,92 mengalami peningkatan 18,11 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 87,04 mengalami peningkatan sebesar 10,12 poin dari siklus I. Aktivitas siswa dalam pembelajaran pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 64,20 sedangkan siklus II memperoleh nilai 82,47 mengalami peningkatan 18,27 poin. Nilai rata-rata performansi guru pada siklus I 81,17 sedangkan pada siklus II memperoleh nilai 88,73 meningkat 7,56 poin. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Student Teams Achievenet Division di SD N 02 Loning dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan performansi guru dalam pembelajaran. Untuk itu, sebaiknya guru menerapkan model STAD dalam pembelajaran IPA materi gaya magnet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran, Gaya Magnet, Model Student Teams Achievement Division.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 22 May 2014 12:11
Last Modified: 22 May 2014 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17732

Actions (login required)

View Item View Item