STUDI KUALITATIF FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DROP OUT PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) TEGAL


Randy Adhi Nugroho, 6450408006 (2013) STUDI KUALITATIF FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DROP OUT PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STUDI KUALITATIF FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DROP OUT PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) TEGAL]
Preview
PDF (STUDI KUALITATIF FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI DROP OUT PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU DI BALAI PENGOBATAN PENYAKIT PARU-PARU (BP4) TEGAL)
Download (6MB) | Preview

Abstract

Hasil pengobatan BTA positif di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru Tegal tahun 2008-2010, angka drop out belum mencapai target nasional (<10%) yaitu 18%, 14%, dan 13%. Tujuan penelitian adalah mengetahui faktor yang melatarbelakangi drop out pengobatan tuberkulosis paru di BP4Tegal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Narasumber penelitian adalah pasien yang drop out dari pengobatan tuberkulosis yang berjumlah 8 orang. Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara. Hasil penelitian disimpulkan faktor yang melatatbelakangi drop out adalah lama pengobatan melewati tahap intensif sehingga gejala hilang dan pasien merasa sembuh, pembiyaan pengobatan tidak gratis sehingga menjadi hambatan, narasumber tidak mengetahui tentang tahapan pengobatan, walaupun narasumber mempunyai motivasi dan dukungan kelurga tinggi namun hambatan membuat narasumber berhenti berobat, narasumber juga tidak mempunyai Pengawas Menelan Obat, akses mudah ke BP4 mudah tetapi kesulitan jika tidak menggunakan motor, narasumber mengalami efek samping obat, adnaya persepsi narasumber bahwa penyakit tuberkulosis tidak akan parah jika berhenti dari pengobatan, dan persepsi narasumber manfaat pengobatan hanya sebatas menghilangkan gejala tuberkulosis, serta narasumber mengalami banyak hambatan dalam pengobatan. Saran yang diberikan yaitu narasumber melakukan pengobatan kembali dengan disertai motivasi, dan dukungan keluarga, serta meyediakan PMO agar pengobatan tuberkulosis dapat diselesaikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: drop out; pengobatan; tuberkulosis.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Users 22794 not found.
Date Deposited: 22 May 2014 11:47
Last Modified: 22 May 2014 11:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/17724

Actions (login required)

View Item View Item