Efektifitas Lembar Kerja Mandiri Resitasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang


Ria Anggriasari, 2302909017 (2012) Efektifitas Lembar Kerja Mandiri Resitasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Lembar Kerja Mandiri  Resitasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang] Microsoft Word (Efektifitas Lembar Kerja Mandiri Resitasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Jepang) - Published Version
Download (15kB)

Abstract

Sebagai pendukung dari buku panduan Bahasa Jepang di SMA, media yang sekarang banyak dipilih adalah LKS (Lembar Kerja Siswa). Oleh karena itu, penulis membuat LKS sendiri yang dikhususkan untuk siswa SMA N 1 Bulu yang disebut LKM (Lembar Kerja Mandiri) resitasi. LKM tersebut materinya disesuaikan dengan kemampuan siswa. Pembelajaran mandiri bisa tercapai dengan cara mempersiapkan mereka belajar mandiri untuk menemukan masalahnya dalam belajar dan dapat memecahkan masalah tersebut. Resitasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa secara aktif serta untuk mengembangkan kemampuan pribadi (Djamarah,1996:90), agar siswa lebih mendalami konsep-konsep dan mengembangkan materi yang telah diajarkan (Salam: 2008:225). Lembar kerja adalah lembar yang menyertai lembar kegiatan siswa untuk mengerjakan soal-soal, tugas-tugas, atau masalah-masalah yang dipecahkan. Lembar Kerja Mandiri merupakan media pembelajaran berbasis teks (Azhar Arsyad, 2003: 87). Lembar Kerja Mandiri resitasi adalah lembar kegiatan siswa yang dikerjakan secara mandiri untuk mendalami dan mengembangkan materi yang telah diajarkan. Peneltian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan dilaksanakan dengan metode eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, teknik tes dan angket. Penelitian ini menggunakan validitas isi. Teknik analisis data uji t test dipakai untuk menganalisis ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara variable bebas yaitu keefektifan lembar kerja mandiri resitasi dengan variable terikat yaitu peningkatan prestasi belajar Bahasa Jepang. Berdasarkan diskripsi data, setelah diberi perlakuan hasil nilai post-test rata-rata pada kelas eksperimen yang jumlah siswanya 38 adalah 84.3421 sedang untuk kelas kontrol yang jumlah siswanya 37, dengan nilai rata-rata 72.5676. Pada uji t test diperoleh t hitung = 3.905 t tabel = 2.00 pada taraf signifikan 5%. Artinya ada perbedaan prestasi belajar setelah diberi LKM resitasi. Berdasarkan angket, penelitian ini membuktikan bahwa siswa merasakan manfaat pemberian lembar kerja mandiri resitasi sehingga meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Lembar kerja Mandiri, Resitasi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2012 03:09
Last Modified: 19 Oct 2012 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16045

Actions (login required)

View Item View Item