Kesenian Kasidah Grup Qatrun Nada di Desa Banjaran Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang


Sinta Widya Safitri, 2503408065 (2012) Kesenian Kasidah Grup Qatrun Nada di Desa Banjaran Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Kesenian Kasidah Grup Qatrun Nada di Desa Banjaran Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang] Microsoft Word (Kesenian Kasidah Grup Qatrun Nada di Desa Banjaran Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Salah satu grup kasidah yang menampilkan kesenian kasidah dalam bentuk modern adalah sebuah grup kasidah di desa Banjaran kecamatan Taman kabupaten Pemalang bernama Qatrun Nada. Qatrun Nada sudah sering tampil dalam acara-acara hiburan hajatan bahkan selalu mengikuti lomba kasidah tingkat kecamatan dan kabupaten. Permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana bentuk kesenian kasidah grup Qatrun Nada di desa Banjaran kecamatan Taman kabupaten Pemalang berdasarkan kajian musikologisnya. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana bentuk kesenian kasidah grup Qatrun Nada di desa Banjaran kecamatan Taman kabupaten Pemalang berdasarkan kajian musikologisnya. Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai sumbang pemikiran bagi universitas negeri semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan dibagi dalam tiga tahap, meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan / verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian kasidah Qatrun Nada dikaji secara musikologisnya yaitu kajian dari segi unsur-unsur musik yang membentuknya terdiri dari bentuk penyajian dan bentuk komposisinya. Berdasarkan segi bentuk penyajiannya Qatrun Nada memiliki urutan penyajian yang dilakukan MC, tata panggung yang digunakan adalah outdoor, tata rias yang dipakai tata rias korektif untuk keindahan , tata busana yang menarik. Tata lampu yang digunakan hanya lampu biasa pada malam hari. Tata suara yang disiapkan oleh panitia berupa mixer dan peralatan sound system lainnya serta formasi yang sudah dipersiapkan untuk menambah menarik penampilan Qatru Nada di Panggung. Berdasarkan segi bentuk komposisinya, pola ritme yang dimainkan setiap alat musik ritmisnya, ditambah dengan melodi yang dimainkan oleh keyboard dipadu dengan harmonisasi akor dan pembagian suara. Vokalis menyanyikan lagu sesuai dengan temponya baik cepat maupun sedang, sesuai pula dengan struktur bentuk lagunya, tidak lupa memainkan dinamik dari lagu serta ekspresi sesuai dengan isi syair lagu. Semua digabung menghasilkan aransemen lagu kasidah yang dapat diterima semua pendengar. Lagu yang dibawakan oleh Qatrun Nada lebih bervariasi yaitu bukan hanya sholawat, lagu-lagu kasidah asli, tetapi juga lagu- lagu populer religi yang dapat dinikmati semua kalangan Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada anggota grup kasidah Qatrun Nada yaitu untuk menambah lagi kreativitas dalam berkarnya misalnya dalam hal aransemen dan referensi lagu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian Kasidah
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2012 00:49
Last Modified: 20 Sep 2012 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item