Implementasi Hak-hak Anak Pidana Ditinjau Dari Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Anak Kutoarjo

Maya Malinda Panjaitan,, 8150408192 (2012) Implementasi Hak-hak Anak Pidana Ditinjau Dari Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Anak Kutoarjo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hak anak merupakan bagian dari hak asasi manusia yang mendapat jaminan dan perlindungan hukum internasional maupun hukum nasional, yang secara universal juga dilindungi dalam Universal Declaration of Human Right (UDHR) dan International Covenant on Civil and Political Rights (ICCPR). Namun sepertinya kedudukan dan hak-hak anak jika dilihat dari perspektif yuridis belum mendapatkan perhatian serius baik oleh pemerintah, penegak hukum maupun masyarakat pada umumnya dan masih jauh dari apa yang sebenarnya harus diberikan kepada anak-anak. Hal ini terlihat pada kasus tewasnya 2 (dua) orang kakak beradik tahanan Kepolisian di Sijunjung, Sumatra Barat dan tahanan titipan Kejaksaan di Tulung Agung, Jawa Timur. Dari kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa perlindungan hak-hak anak belum optimal pelaksanaannya. Bagaimana dengan anak yang sudah mendapatkan putusan tetap, yakni Anak Pidana. Penerapan hak-hak Anak Pidana di Lembaga Pemasyarakatan Anak sangat rentan dengan pelanggaran-pelanggaran hak anak. Berdasarkan uraian diatas penulis ingin melihat secara jelas penerapan hak-hak Anak Pidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan Anak secara langsung dengan rumusan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi hak-hak Anak Pidana di dalam LAPAS Kelas II A Anak Kutoarjo? (2) Bagaimana tanggungjawab pemerintah dalam memenuhi hak-hak Anak Pidana di dalam LAPAS Kelas II A Anak Kutoarjo? (3) Faktor-faktor apa yang menjadi penghambat pelaksanaan dalam memenuhi hak-hak Anak Pidana di dalam LAPAS Kelas II A Anak Kutoarjo? Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, karena menekankan pada kualitas dan kevalidan data yang diperoleh untuk merumuskan atau menyelesaikan masalah yang dibahas dalam skripsi ini. Kegunaan penelitian yuridis sosiologis ini adalah untuk mengetahui bagaimana hukum itu dilaksanakan termasuk proses penegakan hukum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hak, Anak Pidana, Lembaga Pemasyarakatan Anak.
Subjects: K Law > KZ Law of Nations
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 13 Sep 2012 20:30
Last Modified: 13 Sep 2012 20:30

Actions (login required)

View Item