Pengelolaan Unit Produksi Dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Wirausaha SiswaKelas XI di SMK N 3 PurwokertoTahun Ajaran 2010/2011

Agustina Nurlita Sari,, 5401406048 (2011) Pengelolaan Unit Produksi Dalam Upaya Menumbuhkan Jiwa Wirausaha SiswaKelas XI di SMK N 3 PurwokertoTahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Unit Produksi merupakan suatu sarana pembelajaran berwirausaha bagi siswa dan guru serta memberi dukungan operasional sekolah. Siswa menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, rapi, dan berkualitas menjadi bekal untuk membuka usaha sendiri. Dengan modal yang mereka dapat selama di sekolah diharapkan siswa mempunyai gambaran tentang suatu usaha dibidang busana. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purwokerto yang melaksanakan praktek di sanggar busana sebanyak 65 siswa. Sampel penelitian menggunakan total sampling. Variabel yang diteliti adalah pengelolaan unit produksi(x) dan upaya menumbuhkan jiwa wirausaha siswa(y).Metode pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner, dokumentasi, observasi, metode analisis penelitian menggunakan regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan unit sanggar busana termasuk dalam kategori baik, hal ini dapat dilihat pada aspek perencanaan, organisasi dan pelaksanaan dan pengawasan secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik. Pengelolaan yang baik tersebut dapat digunakan oleh para siswa untuk belajar berwirausaha dibidang busana dan mengetahui gambaran pengelolaan usaha, trutama di bidang busana. Kesimpulannya bahwa Pengelolaan unit produksi sanggar busana di SMK N 3 Purwokerto, termasuk dalam kategori baik. Perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang ada dikelola dengan baik sehingga dapat memberikan gambaran dan latihan bagaimana cara mengelola suatu usaha dengan baik, agar mampu bersaing di dunia usaha, dan besarnya pengelolaan unit produksi sanggar busana dalam upaya menumbuhkan jiwa wirausaha siswa di SMK N 3 Purwokerto termasuk dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari minat siswa yang melakukan praktek kerja di unit produksi. Siswa belajar bagaimana cara untuk mengelola suatu usaha dan menghasilkan suatu produk yang berkualitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Unit Produksi Sanggar Busana, Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Sep 2012 20:34
Last Modified: 10 Sep 2012 20:34

Actions (login required)

View Item