Penerapan Metode Fieldwork Dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi di SMPN 3 Ungaran Tahun 2011/2012


Awalia. Arfan,, 3201405001 (2012) Penerapan Metode Fieldwork Dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi di SMPN 3 Ungaran Tahun 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Metode Fieldwork Dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi di SMPN 3 Ungaran Tahun 2011/2012] Microsoft Word (Penerapan Metode Fieldwork Dalam Proses Pembelajaran IPS Geografi di SMPN 3 Ungaran Tahun 2011/2012) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Pelajaran IPS khususnya geografi memiliki karakter materi yang khas. Pembelajaran geografi tidak cukup hanya dipelajari secara teoritik di dalam kelas, tetapi memerlukan kajian lapangan atau praktek. Penggunaan strategi pengajaran yang tepat akan membuahkan hasil yang efektif dan optimal dalam pembelajaran. Tanpa penggunaan metode yang tepat pembelajaran tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Pada kegiatan pre test yang dilakukan di kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran, siswa yang tuntas dalam pencapaian KKM sebesar 36,1%. Fieldwork adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif untuk melakukan pembelajaran di lapangan sehingga siswa memperoleh pengalaman secara langsung dalam pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penerapan metode fieldwork dalam pembelajaran di kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran dilihat dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya geografi yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan metode fieldwork. Penelitian ini mengkaji implementasi metode fieldwork terhadap peningkatan ketuntasan belajar pada mata pelajaran IPS geografi materi bentuk muka bumi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran. Dengan teknik sampel purposive, kelas VII A SMP N 3 Ungaran dipilih sebagai kelas penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes yakni pre test dan post test kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa siswa yang diajar menggunakan metode fieldwork mengalami peningkatan pencapaian ketuntasan belajar pada pelajaran IPS geografi materi bentuk muka bumi sebesar 63,1%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa metode fieldwork sangat baik diterapkan dalam pembelajaran IPS geografi kelas VII SMP Negeri 3 Ungaran pada materi bentuk muka bumi, Sehubungan dengan hal tersebut, maka disarankan hendaknya guru IPS geografi khususnya di SMP Negeri 3 Ungaran bisa mencoba menerapkan metode fieldwork pada materi bentuk muka bumi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, fieldwork, pembelajaran geografi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2012 01:10
Last Modified: 03 Sep 2012 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item View Item