Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Menggambar Busana di SMK Negeri 1 Tengaran Kelas X Tahun 2011


Dwi Sepgiyati, 5402405009 (2011) Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Menggambar Busana di SMK Negeri 1 Tengaran Kelas X Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Menggambar Busana di SMK Negeri 1 Tengaran Kelas X Tahun 2011] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Menggambar Busana di SMK Negeri 1 Tengaran Kelas X Tahun 2011) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Multimedia saat ini makin berkembang sebagai media pembelajaran, karena multimedia adalah gabungan berbagai media teks, gambar, animasi, video, interaksi dan lain-lain yang telah dikemas menjadi file digital digunakan untuk menyampaikan pesan kepada publik. Untuk itu, guru dituntut untuk lebih aktif meningkatkan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran menggambar busana pada siswa kelas X. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia dan seberapa besar pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Variabel bebas penelitian ini Multimedia. Variabel terikat hasil belajar siswa Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Tengaran angkatan 2010/2011 yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 84 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu X TB 2 dengan kelompok kontrol dan kelas X TB 1 sebagai kelompok multimedia. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang menggunakan analisis data uji T-tes dan regresi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai hasil belajar kelompok multimedia nilainya 95,83% sangat tinggi dan 4,17% tinggi, sedangkan kelompok kontrol nilainya 100% tinggi. T-tes menunjukkan terdapat perbedaan signifikan nilai pre test dan post tes kelompok kontrol dengan kelompok multimedia. Perbedaan nilai pre test dan post test kelompok kontrol ( pre test, sig. 0,529 > 0,05), ( post test sig. 0,068 > 0,05) dengan kelompok multimedia ( pre test, sig. 0,068 > 0,05), ( post test sig. 0,131 > 0,05). Kelompok multimedia mempunyai hasil yang sangat berpengaruh dalam desain busana dibandingkan kelompok kontrol. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu multimedia berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Adapun saran yang diajukan: 1) siswa lebih meningkatkan penggunaan multimedia teknologi (internet) dan 2) guru lebih meningkatkan penggunaan multimedia sebagai sumber belajar mata pelajaran menggambar busana khususnya dan berbagai mata pelajaran pada umumnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Penggunaan Multimedia, Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Menggambar Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 23:28
Last Modified: 25 Aug 2012 23:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14251

Actions (login required)

View Item View Item