Pengaruh Penggunaan Modul Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menggambar Bagian-Bagian Busana di SMK NU Banat Kudus


Andriyani Umpayanti, 5401407016 (2012) Pengaruh Penggunaan Modul Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menggambar Bagian-Bagian Busana di SMK NU Banat Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Penggunaan Modul Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menggambar Bagian-Bagian Busana di SMK NU Banat Kudus] Microsoft Word (Pengaruh Penggunaan Modul Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menggambar Bagian-Bagian Busana di SMK NU Banat Kudus) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pembelajaran menggambar busana pokok bahasan menggambar bagian-bagian busana di SMK NU Banat Kudus tahun 2011/2012belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, masih menggunakan metode ceramah dan media papan tulis. Materi menggambar busana bersifat abstrak tanpa media/alat bantu sehingga membuat siswa sulit untuk memahami materi tersebut, dan berakibat terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Permasalahan tersebut dalam penelitian ini diatasi dengan pemanfaatan modul sebagai media penyajian materi dalam pembelajaran materi menggambar busana pokok bahasan menggambar bagian-bagian busana. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran materi menggambar busana dengan menggunakan media cetak berupa modul. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Butik semester gasal dengan sampel dua kelas yaitu kelas X Butik 1 dan X Butik 2. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan media Modul pada materi menggambar bagian-bagian busana sebagai variabel bebas, hasil belajar siswa pada pembelajaran materi menggambar bagian busana sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan rancangan Post-Test Only Control Design. Rata-rata tes akhir hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 78,69 dan 67,53. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata hasil belajar diperoleh thitung = 57,53 ttabel = 1,67. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 87,50% dan 62,50%. Hasil belajar psikomotorik siswa kelas eksperimen yang menggunakan media modul lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran dengan metode ceramah dengan media papan tulis. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media modul sebagai media penyajian materi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMK NU Banat Kudus tahun ajaran 2011/2012 pada materi menggambar busana pokok bahasan menggambar bagian-bagian busana.. Pemanfaatan modul dapat dipertimbangkan sebagai suatu alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran materi menggambar busana.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media modul, Hasil belajar siswa, Materi menggambar bagian busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2012 23:15
Last Modified: 25 Aug 2012 23:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14247

Actions (login required)

View Item View Item