Perbedaan Hasil Deux-Piece menggunakan Pola Sistem Meyneke dan Pola Sistem Esmod dengan ukuran Large (L)


Apriliana Margarine, 5401406002 (2012) Perbedaan Hasil Deux-Piece menggunakan Pola Sistem Meyneke dan Pola Sistem Esmod dengan ukuran Large (L). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perbedaan Hasil Deux-Piece menggunakan Pola Sistem Meyneke dan Pola Sistem Esmod dengan ukuran Large (L)] Microsoft Word (Perbedaan Hasil Deux-Piece menggunakan Pola Sistem Meyneke dan Pola Sistem Esmod dengan ukuran Large (L)) - Published Version
Download (34kB)

Abstract

Deux-piece salah satu jenis busana wanita indonesia, terdiri dari atasan dan bawahan atau rok dan blus. Pembuatan Deux-piece pada ukuran Large (L) membutuhkan ketelitian dalam pengambilan ukuran dan pemilihan sistem pola. Pemilihan sistem pola Meyneke dan sistem pola Esmod dikarenakan keduanya hampir memiliki ukuran yang lengkap yang menjadi salah satu syarat pembuatan Deux-piece. Pembuatan pola dari kedua sistem yang berbeda yaitu dalam proses pembuatan pola dasarnya dimungkinkan akan menghasilkan Deux-piece yang berbeda pula dan dapat membandingkan sejauh mana perbedaan hasil Deux-piece yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan antara pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod pada pembuatan Deux-piece dengan ukuran Large (L) dan (2) seberapa besar perbedaan antara pola tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan instrument lembar observasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deux-piece dengan pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil pembuatan Deux-piece antara pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod dengan ukuran Large (L). Pengumpulan data dilakukan melalui 6 panelis ahli. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan ada perbedaan yang signifikan antara hasil Deux-piece menggunakan pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod, dilihat dari setiap indikatornya terdapat perbedaan antara pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod pada ukuran Large (L). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: ada perbedaan hasil pembuatan Deux-piece menggunakan pola sistem Meyneke dan pola Sistem Esmod. Besarnya perbedaan hasil pembuatan pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod dapat dilihat dari tiap-tiap indikator, perbedaan pada letak garis leher depan, besar badan depan, letak garis kupnat depan, letak garis kerung lengan depan, besar badan belakang, bentuk lengan, besar lengan, besar pinggang, besar panggul dan letak kupnat secara keseluruhan. Pembuatan Deux-piece pada ukuran Large (L) yang menggunakan pola sistem Meyneke hasilnya lebih bagus dibandingkan Pembuatan Deux-piece yang menggunakan pola sistem Esmod sehingga didapatkan pengukuran yang lebih teliti dan mendapat hasil yang lebih baik. Saran yang ditujukan kepada praktisi busana dan para ahli pembuatan Deux-piece dapat menggunakan pola sistem Meyneke dan pola sistem Esmod dengan ketelitian dalam mengukur agar hasilnya sesuai dengan yang diinginkan yaitu Deux-piece yang pas dibadan dan nyaman. Bagi mahasiswa Teknologi Jasa dan Produksi Konsentrasi Tata Busana dalam pembuatan pola harus teliti karena pola sistem Meyneke cukup rumit. Untuk menghasilkan Deux-piece yang baik diperlukan ketelitian dalam mengambil ukuran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Pembuatan Deux Piece, Pola Sistem Meyneke, Pola Sistem Esmod, Ukuran Large (L)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 26 Aug 2012 05:22
Last Modified: 26 Aug 2012 05:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14239

Actions (login required)

View Item View Item