Pengaruh Likuiditas, Produktivitas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Peringkat Sukuk (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Periode 2008-2010)


Damalia Afiani. , 7250408085 (2012) Pengaruh Likuiditas, Produktivitas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Peringkat Sukuk (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Periode 2008-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Likuiditas, Produktivitas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Peringkat Sukuk (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Periode 2008-2010)] Microsoft Word (Pengaruh Likuiditas, Produktivitas, Profitabilitas, dan Leverage terhadap Peringkat Sukuk (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah Periode 2008-2010)) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Peringkat sukuk merupakan skala keamanan obligasi syariah dalam membayar kewajiban pokok dan bagi hasilnya secara tepat waktu. Semakin tinggi peringkat, semakin menunjukkan bahwa obligasi tersebut terhindar dari risiko default utang perusahaan atau bank. Peringkat sukuk berfungsi membantu kebijakan publik untuk membatasi investasi spekulatif para investor. Kualitas suatu obligasi dapat dimonitor dari informasi peringkatnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh likuiditas, produktivitas, profitabilitas, dan leverage terhadap peringkat sukuk. Populasi yang digunakan adalah data sekunder dari Bank Indonesia (BI) yaitu laporan keuangan dan Annual Report Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah yang listing pada tahun 2008-2010 di BI. Sampel diambil dengan metode purposive sampling, dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 17 bank dan menghasilkan unit analisis sebanyak 51 unit. Metode statistik menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda, dengan pengujian hipotesis uji statistik F dan uji statistik t, dengan bantuan program SPSS 19.0. Hasil penelitian ini menunjukkan pengujian secara simultan diperoleh hasil ke empat variabel mempunyai nilai sig. 0,057. Pengujian secara parsial, variabel likuiditas mempunyai nilai sig. 0,020, produktivitas sebesar 0,245, profitabilitas sebesar 0,023, dan leverage sebesar 0,085. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa pengujian secara simultan ke empat variabel tidak mempengaruhi peringkat sukuk. Pengujian secara parsial, variabel likuiditas mempengaruhi peringkat sukuk, produktivitas tidak mempengaruhi peringkat sukuk, profitabilitas mempengaruhi peringkat sukuk, dan leverage tidak mempengaruhi peringkat sukuk. Saran bagi penelitian berikutnya agar menggunakan proksi lain pada variabel yang sama, dan menambah variabel-variabel baru pada penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Produktivitas, Profitabilitas, Leverage, dan Peringkat Sukuk.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 11 Jul 2012 08:58
Last Modified: 11 Jul 2012 08:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item