Pengaruh Jenis Minyak Goreng dan Frekuensi Penggorengan Terhadap Angka Peroksida dan Viskositas Minyak.


Dewi Ariyana, 6450407055 (2011) Pengaruh Jenis Minyak Goreng dan Frekuensi Penggorengan Terhadap Angka Peroksida dan Viskositas Minyak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Jenis Minyak Goreng dan Frekuensi Penggorengan Terhadap Angka Peroksida dan Viskositas Minyak.] Microsoft Word (Pengaruh Jenis Minyak Goreng dan Frekuensi Penggorengan Terhadap Angka Peroksida dan Viskositas Minyak.) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan penting masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Minyak goreng yang dikonsumsi masyarakat sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Masyarakat sangat majemuk dengan tingkat ekonomi yang berbeda-beda. Sembilan puluh tiga persen dari responden menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang (≥4x penggorengan). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh jenis minyak goreng dan frekuensi penggorengan terhadap angka peroksida dan viskositas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling, terdiri dari dua jenis minyak goreng curah dan dua jenis minyak goreng bermerek. Analisis data menggunakan uji independent samples dan uji Anova dengan taraf signifikansi (α = 0.05). Hasil penelitian menunjukkan jenis minyak goreng mempengaruhi angka peroksida (p=0.010), namun tidak mempengaruhi angka viskositas (p=0.599). sedangkan frekuensi penggorengan mempengaruhi angka peroksida (p=0.001) dan viskositas (p=0.000). Saran yang diberikan peneliti, sebaiknya masyarakat tidak menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang, pada pemakaian minyak goreng curah peneliti sarankan sebaiknya digunakan untuk dua kali penggorengan, sedangkan untuk minyak goreng bermerek pemakaian minyak goreng tidak tebih dari empat kali penggorengan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jenis Minyak Goreng, Frekuensi Penggorengan, Angka Peroksida dan Viskositas.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 Jul 2012 00:35
Last Modified: 08 Jul 2012 00:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item